0

[Quote of the Day] Live, Love, & Laugh

Posted by Unknown on 22:16 in , ,

Lupa dikasih watermark fenorevanisya.blogspot.com


0

[Tahukah Kamu] Sekapur Sirih Sistem Ekonomi Islam

Tahukah kamu?
Dalam pandangan Islam, ekonomi ditegakkan untuk mewujudkan sebesar-besarnya kesejahteraan manusia, bukan untuk kesejahteraan individu-individu tertentu, atau individu-individu yang tidak terikat dengan norma dan etika Islam. Dengan kata lain, ekonomi dalam perspektif Islam diperuntukkan bagi seluruh manusia dan masyarakat, bukan bagi individu dan kelompok masyarakat tertentu. Islam tidak memisahkan antara apa yang wajib ada bagi masyarakat dengan upaya mewujudkan kesejahteraan manusia, bahkan menjadikan dua hal tersebut saling berhubungan dan berkaitan satu dengan yang lain. Islam memperhatikan kepentingan individu dan masyarakat secara bersamaan. Ketika Islam mengatur masalah masyarakat, ia juga memperhatikan kepentingan-kepentingan individu. Sebaliknya, ketika Islam mengatur kepentingan individu, ia juga memperhatikan pula kepentingan masyarakat.

Sumber: Kartikasari, Endah. Membangun Indonesia tanpa Pajak dan Utang. 2010. Al Azhar Press: Bogor.



0

[Dialogue] Apalah Arti Sebuah Nama

Posted by Unknown on 19:41 in , , , , ,
Beberapa waktu lalu saya berkesempatan bertemu dengan seorang pengemban dakwah yang luar biasa. Darinya, mampu kita serap ilmu sebanyak-banyaknya. Darinya, kita belajar arti keihklasan dalam mengemban dakwah. Darinya, kabut yang sekali-kali mengerjap mata telah hilang. Maka wajar jika ada yang ingin mengenal beliau lebih dari sekedar rupa dan penampilan fisik,

S : “Ustadz, kami ingin rasanya mengenal nama dan asal ustadz.“
U : “Saya sudah berumah tangga, dan anak-anak saya yang laki-laki sudah menikah semua.“

Dan kami pun yang berada dalam ruangan serempak tertawa dengan jawaban diplomatis Sang Ustadz.
Ini adalah saat dimana saya pertama kalinya membenarkan quote “Apalah arti sebuah nama” yang ditulis oleh autor Romeo and Juliet. Saya harus sepakat bahwa terkadang identitas bukanlah segalanya saat kita mampu mendengar tentang apa yang seseorang katakan sebenar-benarnya. Bukan tentang siapa yang menyampaikan.

Saya harus sepakat bahwa identitas yang paling penting adalah identitas kita dimata Allah yang Maha Mengetahui hingga tak perlu pencitraan. And finally, kita bisa jadi diri kita sendiri. Bukan identitas yang dicap oleh sembarang manusia juga bukan identitas hasil pencitraan yang sengaja dibangun.



0

[Ala Rosul] Rasulullah’s Effect

sumber: lampuislam.blogspot.com
Konsekuensi berada dalam jalan dakwah sejatinya hanya dua. Entah itu diterima atau ditolak hingga dihujat. Maka tegar dalam dakwah adalah keutamaan, begitupun dengan utamanya usaha, do’a, dan tawakal dalam dakwah. Sungguh, dakwah laksana seni yang membutuhkan kekreatifan. Penolakan tak lantas membuat diri kita gagal dan berhenti. Sebaliknya, penolakan akan membuat kita lebih kreatif dalam mencari uslub dakwah. Membuat dakwah kita lebih memiliki efek. Ya. Seperti efek dakwah atas Rasulullah kepada kaum Anshor Madinah.

0

[Tahukah Kamu] Makna Politis Adzan

sumber: mobavatar.com

Tahukah kamu? Jika saja para muslim mau merenungkan kalimat-kalimat yang terdapat dalam seruan untuk sholat. Bahwa adzan merupakan seruan resmi yang dikeluarkan dari pusat resmi negara ―masjid―. Ya. Bahwa adzan miliki makna politis.

Allahu Akbar Allahu Akbar
Sungguh Allah lebih besar daripada para thagut, maka Allah-lah yang lebih besar dalam membuat rintangan, dan Dia Maha Memenangkan semua urusan-Nya.

Asyhadu Alla Ilaha Illallah
Bahwa tak ada kedaulatan dalam negara Islam selain kepada Allah dan tidak ada hukum selain hukum Allah. Allah adalah Pencipta sekaligus Pengatur setiap urusan hamba-Nya.

Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah
Bahwa Allah swt telah menyerahkan kepemimpinan atas umat Islam kepada Muhammad, sehingga tidak ada seorang pun yang berhak merampas kepemimpinan darinya. Beliau tetap dengan kepemimpinannya hingga Allah menyempurnakan agama-Nya melalui al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasul-Nya, dan juga melalui as-Sunnah yang diilhamkan Allah atas Rasul-Nya. Sungguh Rasulullah merupakan sebaik-baiknya suri tauladan bagi umatnya.

Hayya ‘Alash Shalah. Hayya ‘Alal Falah
Maka bersegeralah, wahai manusia, untuk bergabung di bawah bendera negara yang murni karena Allah ini dengan bersama-sama memperkokoh hubungan manusia dengan Tuhannya, memperkokoh hubungan manusia dengan sesamanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan yang sangat tinggi.

Allahu Akbar Allahu Akbar. La ilaha Illallah
Akhirnya, Allah kembali mempertegas akan keMahaan-Nya. Bahwa kedaulatan dalam Negara Islam hanya milik Allah semata, dan hukum yang ada dalam Negara Islam hanya syari’at-Nya saja.

Sumber: Prof. Dr. Muh. Rawwas Qol’ahji. Sirah Nabawiyah: Sisi Politis Perjuangan Rasulullah SAW. 2011. Al Azhar Press: Bogor.



0

[Islamologi] Tata Cara Sholat menurut Empat Madzhab


Segala puji bagi Allah yang telah mensyariatkan kewajiban sholat kepada hambanya yang bertaqwa. Yang menjadikan sholat sebagai tiang yang menopang bangunan agama.
Urusan yang paling utama adalah Islam, dan tiangnya adalah sholat, serta puncaknya adalah jihad dijalan Allah.” (HR. at-Tirmidzi)

Yang memberi pembeda antara yang muslim dan yang kafir. Sungguh, apabila seorang muslim meninggalkan sholat padahal dalam hatinya ia tetap beriman dan meyakini bahwa sholat itu wajib; ia meninggalkan sholat karena malas atau sibuk tanpa adanya alasan syar’i untuk meninggalkannya, maka dalam keadaan demikian, disebutkan dalam beberapa hadits bahwa orang tersebut telah kafir dan halal darahnya.
Ikatan dan pondasi Islam ada tiga: laksanakanlah dasar-dasar agama Islam, barangsiapa yang meninggalkan salah satunya maka dia kafir dan darahnya halal, ketiga pondasi tersebut adalah: syahadat bahwa Tiada Tuhan selain Allah, sholat yang wajib, dan puasa di bulan Ramadhan.” (diriwayatkan oleh Abu Ya’la dengan sanad hasan)

0

[Quote Of The Day] Love, Live & Laugh

Posted by Unknown on 05:56 in , , , , ,


0

[Song Of The Day] Project Pop – Ingatlah Hari Ini

Kawan dengarlah yang akan aku katakan
Tentang dirimu setelah selama ini
Ternyata kepalamu akan slalu botak
Eh, Kamu kaya gorila
                           
Cobalah kamu ngaca itu bibir balapan
Dari pada gigi lu kayak kelinci
Yang ini udah gendut suka marah-marah
Kau cacing kepanasan

Tapi ku tak perduli
Kau slalu di hati

Reff:
Kamu sangat berarti,
istimewa dihati
Slamanya rasa ini
Jika tua nanti kita tlah hidup masing-masing
Ingatlah hari ini

Ketika kesepian menyerang diriku
Gak enak badan resah tak menentu
Ku tahu satu cara sembuhkan diriku
Ingat teman-temanku

Don’t you worry just be happy
Temanmu di sini (Reff)

Don’t you worry don’t be angry
Mending happy-happy (Reff 2x)



1

[Catatan Harian] Tak Disangka

Posted by Unknown on 05:21 in , , ,
sumber: saemuna.wordpress.com

Anak tahun 90-an pasti familiar dengan judul postingan ini. Ya. Judul postingan ini sengaja saya ambil dari salah satu rubrik majalah “BOBO”. Rubrik yang isinya mengandung kejadian-kejadian tak terduga dari si Empunya cerita. Oleh karenanya, kesengajaan saya dalam memilih judul memang tak jauh-jauh dari kejadian tak terduga yang saya alami beberapa waktu lalu. Dan beginilah ceritanya,

Jum’at malam lalu, saat saya menyengaja membuka akun facebook, saya mendapati satu buah pesan yang dikirim sekitar empat jam lalu. Pesan tersebut berasal dari orang baru. Pesannya menyinggung salah satu tulisan dari blog saya yang saya posting ditahun 2013. Ia menyinggung kutipan quote yang saya pakai di postingan tersebut. Dan beginilah bunyi quote tersebut,
Aurat tak akan tertutup dengan sifat lemah lembut,
Tak akan tertutup dengan berperangai baik,
tidak akan tertutup dengan kata-kata yang baik,
tidak akan tertutup dengan sholat,
tapi akan tertutup dengan pakaian yang sempurna.”
-Asih Kurniasih Lumaela-

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.