0

[Percikan] Uji dan Coba: Jalan untuk Meninggikan Derajat, Menghapus Dosa

Posted by Unknown on 06:02 in , , ,
„Cobaan tidak henti-hentinya menimpa orang Mukmin laki-laki maupun Mukmin perempuan; baik menimpa dirinya, anak-anaknya maupun hartanya hingga ia bertemu dengan Allah tanpa dosa sedikit pun.“ (HR. At-Tirmidzi)

ahliacikgukhairul.blogspot.com


Allah telah menyiapkan berbagai pintu untuk mencapai surga. Terdapat pintu untuk orang yang gemar bersedekah. Terdapat pintu untuk orang yang gemar berpuasa. Dan pintu-pintu lainnya dengan keistimewaannya sendiri-sendiri. Demikian, Allah pun telah menyiapkan istana-istana surga bagi hamba-hamba-Nya yang beriman. Istana bukan sembarang Istana. Istana ini hanya diperuntukkan untuk kaum muslim yang telah berhasil melalui cobaan dan ujian. Untuk itu Allah telah menyiapkan sentuhan kasih sayang-Nya untuk meniggikan derajat manusia dan menghapuskan dosanya. Dengan timpaan uji dan coba. Dan Allah membantunya untuk sabar dan tegar menghadapi uji dan coba. Sungguh rahmat dan pertolongan Allah sangatlah dekat.


remyhazza-satuperjalanan.blogspot.com
Tentang uji dan coba, kita dapat memetik kisah para sahabat. Ingatkah kisah tentang keluarga Yasir? Jika orang-orang Quraisy tidak menyiksa keluarga Yasir ra. apakah keluarga Yasir mendapatkan kehormatan, “Sabarlah keluarga Yasir, sesungguhnya tempat kalian kelak di surga” (Diriwayatkan al-Hakim, Ahmad, at-Thabrani, dan Nu’aim)?

Atau ingatkah kisah bilal? Andai saja Bilal tidak di siksa sedemikian rupa oleh Umayyah bin Khalaf dan para algojonya, mampukah seorang budak meraih tingkatan “Bilal tokoh kami“ (HR al-Bukhari)?

Andai saja Saad bin Muadz ra. tidak bersikap sabar, tidak berkorban di jalan Allah, darahnya tidak tertumpah di perang Khandaq, tentu ia tidak akan memperoleh predikat,“Arasy ar-Rahman bergetar karena kematian Saad bin Muadz.“ (HR. Al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

Sungguh, coba dan uji adalah jalan Allah mengangkat derajat manusia, maka berbahagialah jika hari ini kalian sedang merasakan uji dan coba. Hadapi, hayati dan nikmati setiap problema kehidupan yang merupakan aliran cinta dan keridhaan-Nya. Oleh karenanya jangan sampai patah arang di tengah kegelapan cobaan. Sungguh coba dan uji adalah sebentar. Setelahnya matahari kemuliaan akan terbit. Sungguh, sungguh, sungguh sangat beruntung musafir yang mampu melewatinya.

Sesungguhnya ada sekian dosa yang tidak bisa dihapus kecuali dengan kebaikan-kebaikan yang besar atau cobaan-cobaan yang berat. Maka, melalui cobaan yang berat Allah bukakan jalan demi menghapus dosa-dosa mereka, baik dosa kecil maupun dosa besar, hingga mereka bersih dari dosa, lalu mereka menghadap kepada-Nya tanpa dosa sedikitpun.


 

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.