1

[Catatan Harian] Kamera Broadcast

Posted by anisya retno sari on 06:59 in , ,
SONG OF THE DAY
EdCoustic - Masa Muda [ download ]

sumber: ikegami.de

Sugoi! Aku tidak pernah menyangka akan mendapat pengalaman ini. Bayangkan, setelah dua tahun lamanya, akhirnya tercapai juga. Ya tepat hari Minggu kemarin.

Aku memang termasuk seseorang yang suka dengan hal baru. Terlebih jika berbau desain dan multimedia. Eta mah passion abdi pisan! Hehe. Walaupun masih amatiran dan belajarnya pun secara autodidak. Makanya seneng banget kalo ada yang ngajarin terkait dua hal ini. Apalagi kalo gratis. Ngga bakal nolak dehhh. Cuma sayangnya aku belum nemu yang mau ngajarin. Hehe.

Kebetulan, Minggu lalu Female Hati ITB featuring BKLDK ngadain acara khusus perempuan bertajuk “Paradigma Cemerlang Perempuan Inspiratif dalam Pembangunan Generasi Era Milenium”. Panjang juga ya, judulnya. Tapi kalo dipikir-pikir lagi acara ini memang tidak pure perempuan, karena laki-laki juga bisa mengakses acara ini dengan streaming.

Karena acara ini featuring BKLDK, otomatis lembaga-lembaga dakwah yang tergabung di dalamnya turut menjadi panitia acara ini. Termasuk ke dalamnya Keputrian LDK DKM UNPAD. Dan aku termasuk salah satu panitia tekhnis pada saat acara berlangsung.

Aku di daulat untuk menjadi bagian dari panitia streaming. Apa pula panitia streaming? Aku benar-benar buta dengan hal ini tapi lebih dari itu, aku merasa sangat penasaran dan tertantang. Include aku, ada 3 lagi panitia akhwat. Atau bisa juga dibilang, total jumlah kami ada 5, karena penambahan 2 ikhwan sebagai panitia bayangan yang membantu urusan perkabelan.

Sebab beberapa alasan, akhirnya streaming kami lakukan dengan menggunakan talenan secara bergantian. Kok bisa? Jangan harap kalian benar-benar berpikir tentang peralatan dapur bernama talenan. Talenan = Tablet. Bentuknya yang mirip membuat aku dan beberapa teman menjuluki demikian. Hehe.

Sedangkan kamera broadcast hanya digunakan sebagai pendokumentasian acara. Sayang banget. Iya. Sayang banget. Ngeliatnya aja aku udah ngiler. Mau pegang. Tapi apa dikata tangan ini tak sampai. Aku tidak tahu cara menggunakannya.

Pada akhirnya, aku benar-benar senang menjadi panitia streaming. Walaupun aku anak unpad sendiri sedang tiga lainnya murni ITB yang baru saja aku kenal saat hari H, tapi suasananya benar-benar nyaman dan menyenangkan seakan-akan kita sudah lama berkenalan. Jazakillah khoiron Katsiron untuk kerjasama kerennya! #Bungkuk

Lebih seneng lagi, saat salah seorang panitia memperbolehkan aku untuk belajar kamera broadcast. Mata aku langsung saja berbinar-binar memancarkan senyuman. Akhirnya, setelah menanti dua tahun. Akhirnya. Akhirnya aku belajar juga kamera broadcast. Jujur saja, aku memilki banyak list to do dalam kehidupanku. Dan hari itu (catat) 20 April 2014, aku kembali mencoret list to do-ku dan membuat bintang. #Senang



2

[Percikan] Jiwa yang Sakit

Posted by anisya retno sari on 06:40 in , , ,
SONG OF THE DAY
Opick - Obat Hati [ download ]

gambar google

Manusia seringkali berlaku aneh. Bersikap tidak adil pada dirinya.

Lihat saja. Jika raganya rapuh karena sakit. Cepat sekali manusia berusaha untuk temukan obatnya. Minimal obat yang bisa didapat di warung atau apotik. Jika tidak kita berlari meminta konsultasi pada dokter. Jika sakitnya dirasa cukup berat dan butuh perawatan intensif di rumah sakit. Berapapun biayanya toh akan kita jabani, demi kesehatan raga yang memang mahal di zaman kekinian.

Terlepas dari kondisi pengobatan Indonesia yang berkiblat pada aspek bisnis, memang sehat itu istimewa. Sehat itu mahal. Bayangkan bila raga ini sakit. Makan-minum terasa tak enak. Apapun terasa pahit saat masuki lidah. Walaupun ketika sakit makanan yang tersaji adalah makanan lezat lagi mahal, tetap saja seperti tidak berarti. Tidak ada harganya. Karena semua ―lagi-lagi― terasa amat pahit. Nggak enak. Nggak selera.

Akhirnya, banyak manusia yang memilih untuk mencegah raganya sakit ketimbang harus mengobati. Caranya pun beragam. Ada yang mengatur pola dan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ada pula yang sanggup berolahraga setiap harinya agar badan tetap bugar. Apapun caranya, tujuannya tetap satu. Sehat raganya.

8

[Islamologi] PayPal : Dalam Perspektif Islam

Posted by anisya retno sari on 20:41 in , , , , ,
SONG OF THE DAY
Shaffix - Pahala vs. Dosa [ download ]

quelle : imoney.co.id

Ada yang masih belum tau apakah itu Paypal? Woles aja, aku akan memulai dengan definisi Paypal terlebih dulu. Dari wikipedia, PayPal adalah nama perusahaan yang berpusat di San Jose, California (AS), yang menyelenggarakan jasa perantara pembayaran dan transfer uang secara elektronik (on-line) dalam cakupan internasional. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. PayPal melayani transaksi secara global di banyak negara dengan berbagai macam mata uang (currency).

Masih ingat tentang postinganku sebelumnya yang harus membeli buku teori di negara asal bahasa yang kupelajari (baca: Jerman). Untuk melakukan pembayaran, sudah maklumun ada pilihan PayPal dalam melakukan pembayaran. Tapi bukan karena sebuah kemakluman lantas kita tidak mengkaji hukumnya dalam islam to? :)

Untuk dapat menggunakan jasa PayPal, kita diharuskan mengikuti beberapa ketentuan, yaitu keharusan membuat akun PayPal dengan melakukan pendaftaran yang bersifat gratis secara on-line, setelah itu aktivasi dilakukan melalui konfirmasi e-mail. Setelah langkah ini sempurna terselesaikan, kita sudah dapat melakukan pembayaran atau penerimaan uang melalui paypal dengan pembatasan maksimal $100 US saja. Untuk transaksi di atas $100 US, seorang pemilik akun PayPal harus mempunyai dana saldo (balance) yang terhubung dengan PayPal, bisa berupa rekening bank lokal Indonesia, berupa kartu kredit, atau berupa VCC (Virtual Credit Card), yaitu kartu kredit virtual yang dapat dibeli secara on-line dari penyedia VCC dengan harga tertentu (sekitar Rp75ribu hingga Rp100ribu) dengan masa berlaku satu tahun. Untuk tiap transaksi pembayaran atau transfer, PayPal memungut fee (uang jasa) dari para penggunanya dalam jumlah tertentu.

0

[Dialogue] Keberhasilan Belajar di Sastra Jerman

Posted by anisya retno sari on 15:38 in , ,
Dosen : (melihat mahasiswinya yang semakin kurus) Ya ampun, kamu berhasil belajar di Sastra Jerman. Semakin kurus gara-gara skripsi.

Mahasiswi Y : (tersenyum)

Nisya : Berarti saya belum berhasil dong bu. (karena bobot tubuhku selama mengerjakan skripsi masih sama malah cenderung bertambah)

Dosen : Ngga gitu juga. Kalau kamu skripsi malah gini (tangannya menunjukkan aktivitas menyuap makanan ke dalam mulut: stressnya dilariin ke makan)

Nisya : (dalam hati) Benar sekali bu.



2

[Artofolio] Aku Ingin

Posted by anisya retno sari on 17:15 in , , ,
aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujang yang menjadikannya tiada

Sapardi Djoko Damono (1989) dalam „Hujan Bulan Juni


0

[SangSingSong] EdCoustic - Kamisama

Posted by anisya retno sari on 16:55 in , , ,
SONG OF THE DAY
EdCoustic - Kamisama [ download ]

Tai you ga nishi no
Tai you ga nishi no
Suiheiseng ni sizunda toki

Tai you ga nishi no
Tai you ga nishi no
Suiheiseng ni sizunda toki

Watashi wa jibun no sitekita koto
Hitotsu hitotsu o omodasitemita

Reff :
Kamisama
Yoruga otozureta toki
Kamisama
Tai you ga sizumu to doujini
Jibun ga nandomo kurikaesitekita
Ayamichi o kuyande
Naitemo douke oyorushi kudasa



0

[Apa Kabar Indonesia] Ketika Nyawa Tak (Lagi) Berharga

SONG OF THE DAY
Hadad Alwi - Astagfirullah [ download ]

Gambar Google

Ucap Rasulullah:
“Hancurnya dunia lebih ringan di sisi Allah dibandingkan terbunuhnya seorang muslim“ (An-Nasa’i)

Angka kejahatan di negri ini cukup fantastis. Tahun 2013 lalu, Polda Metro Jaya mencatat ada 51.444 kasus kriminal di Jakarta dan sekitarnya. Satu kejahatan tiap 10 menit 13 detik. Satu pembunuhan terjadi tiap lima hari. Di tahun 2014, Polda Metro Jaya meramalkan akan peningkatan kasus kriminal.

Semester awal pertama problematika tahun 2014 pun mulai terjangkiti maraknya kasus pembunuhan. Kasus berlatar belakang asmara tampaknya menjadi kasus yang mendapat perhatian cukup besar. Tampaknya kini begitu mudah manusia untuk melakukan pembunuhan, pemerkosaan, dan perbuatan jahat lainnya demi alasan yang terkadang tidak masuk di akal.

Inilah yang menjadi terbetik dalam hati-hati masyarakat Indonesia rasa was-was. Rasa ini kini menjelma menjadi sahabat akrab yang selalu  Rasa was-was kini telah menjadi sahabat sebagian besar masyarakat.

0

[Quote] Love, Live & Laugh

Posted by anisya retno sari on 04:21 in , , ,


0

[Catatan Harian] Jalan Kaki

Posted by anisya retno sari on 03:46 in , , ,
SONG OF THE DAY
Justice Voice - Senyum dong Fren [ download ]

Gambar Google

Pagi hari tadi aku berkesempatan untuk rapat di Bandung bersama beberapa orang dari Jatinangor. Waktu rapat dimulai pukul 09.00 WIB. Otomatis kami yang dari Jatinangor diharuskan untuk keluar pagi-pagi dari sarang. Aku berangkat bersama seorang adik yang memang satu kostan denganku. Perlu angkot sekali untuk sampai ke Pangkalan Damri sedang jarum jam tanganku menunjukkan pukul 06.40 WIB. Waktu ramai-ramainya anak-anak berangkat sekolah.

Jam sudah menunjukkan pukul 07.00 WIB saat aku menaiki Bus Damri jurusan Jatinangor-Dipati Ukur. Aku dan si adik bertemu lagi dengan dua orang teman. Berempat. Kami sama-sama menaiki Damri yang paling tidak butuh waktu maksimal dua jam untuk sampai di Dipati Ukur. Hanya saja kali ini berbeda, banjir Rancaekek membuat jalanan lumpuh total. Damri kami otomatis terjebak macet. Tak bergerak sama sekali. Padahal perjalanan kami baru sampai IPDN. Sang supir akhirnya menyerah dan menyuruh penumpangnya untuk turun. Berjalan mencari alternatif lain ke Dipati Ukur.

Kami berempat pun berjalan. Terus berjalan. Bebas. Ditengah-tengah kendaraan, seperti mampu menghentikan waktu. Tak seperti biasanya yang hanya memargin di trotoar. Sampai akhirnya Allah mendengar do’a kami. Sedikit demi sedikit kemacetan terurai. Sedikit demi sedikit pula harapan kami kembali bercahaya.

Tepat di belokan Cileunyi kami berhenti dan kembali menunggu setelah kami berjalan sekitar dua kilometer jauhnya. Awalnya kami berniat untuk naik angkot dengan konsukuensi dua kali turun-naik dan ongkos yang lebih mahal. Tapi ternyata, Bus Damri pun tak lama kemudian lewat. Bus Damri yang sama yang tadi kita tumpangi. Yang supirnya menyuruh kami untuk turun.

Jadi untuk apa kita berjalan sejauh itu jika pada akhirnya kita tetap pada pilihan yang sama? Aaahh… mungkin Allah sedang inginkan kami untuk berolahraga sebentar.

Pada akhirnya rapat yang diagendakan jam 09.00 WIB harus mengalami penundaan. Bukan karena para aktivisnya yang tak bisa tepati janji. Kami sudah berusaha untuk tepat waktu. Hanya saja, Allah sedang berkata lain. Kata-kata yang indah sekali. :)



0

[Percikan] Satu Frekuensi Satu Persepsi

Posted by anisya retno sari on 03:31 in , , ,
SONG OF THE DAY
Brothers - Satu Perjuangan [ download ]

gambar Google

Ada sebuah cerita berhikmah yang kudapatkan hari ini. Kudapati dari seorang yang aku mampu merasakan ruh dalam setiap perkataannya. Aah, beliau pasti sangat dekat dengan Allah.

Ada sebuah pesawat yang menerbangkan penumpang dengan Beijing sebagai tujuannya. Di tengah perjalanan, pesawat mereka mengalami musibah. Bukan karena ada pembajak di pesawat tersebut. Pesawat pun dalam kondisi prima tak cacat satu apapun. Tujuan mereka pun tetap sama. Tak berganti arah. Hanya saja cuaca tiba-tiba memburuk. Lingkungan terbang si pesawat tak lagi ideal. Jika pesawat diterbangkan ke bawah, maka sama saja mencari mati. Begitu juga jika pesawat diterbangkan ke atas. Pada saat itu, semua penumpang termasuk pilot panik mencari solusi. Tapi mereka harus cepat mengambil keputusan sebelum ada yang mengambil keputusan terhadap mereka. Kematian.

Semua mengeluarkan pendapat. Bicara cepat namun tak tepat. Semua menginginkan pendapat mereka diterima. Tapi tanpa pandangan yang sama terhadap akar problemanya. Pada akhirnya sang pilot pun bertindak mendamaikan semua kegaduhan. Menyamakan persepsi para penumpang. Bahwa mereka akan selamat sampai tujuan. Satu frekuensi : selamat sampai tujuan. Caranya, dengan memutar kembali dan mencari jalur lain. Itu satu-satunya cara untuk menyelamatkan mereka dari kematian.

Apa yang bisa diambil dari cerita di atas?

Penyamaan persepsi pada saat menghadapi masalah kelompok sangat perlu. Satu frekuensi. Hal ini menjadi penting untuk mencapai mufakat. Agar mampu bersinergi mencapai tujuan awal kita. Satu frekuensi. Hal yang menjadi penting agar satu-persatu membentuk formasi saling mengisi.

Sungguh, sebuah masalah ada untuk mendewasakan kita. Juga meningkatkan valensi diri menjadi lebih baik lagi. Penyikapan tenang, sabar, tidak terkonfrontasi, tapi tetap berstrategi terhadap masalah tentu utama dibutuhkan. Ada saatnya kita untuk maju melawan, bertahan, atau bahkan memutar balik. Bukan untuk melepaskan idealisme terhadap tujuan. Hanya menunggu waktu yang tepat untuk membuktikan presensi kita.



0

[Islamologi] Hukum Barang KW Part II

Posted by anisya retno sari on 17:58 in , ,
SONG OF THE DAY
EdCoustic - Berubah [ download ]


Kenapa ada part II? Karena banyak yang merespon terkait barang KW kepada Ust. Siddiq Al Jawi maka beliaupun menjawab kembali ―begitu pula denganku yang mengutip dan menulis ulang―. Diantara pertanyaan yang masuk adalah,

0

[Dialogue] Standardisasi

Posted by anisya retno sari on 17:14 in
Standardisasi seseorang menilai sesuatu memang pada akhirnya tergantung dari pemahamannya. Pemahaman yang benar akan menghasilkan standardisasi yang benar sedang pemahaman yang salah juga akan menghasilkan standardisasi yang salah. Misalnya standardisasi dalam menganggap seorang pria „ganteng“...

A : (melihat iklan yang dibintangi Christian Sugiono) Waaah, aku suka banget sama Christian Sugiono, ganteng. Berkarisma banget di iklan ini.

Lalu tiba-tiba, dari dalam kamar seseorang menyahut,

B: Tapi dia khan kafir.

Ka.fir
[n] orang yang tidak percaya kpd Allah dan Rasul-Nya



0

[Quote] Love, Live, & Laugh

Posted by anisya retno sari on 08:22 in , , ,

Ada yang baru loohhh. Mulai sekarang, quote yang akan diposting di blog fenorevanisya.blogspot.com akan berbentuk gambar dan tidak hanya berupa kata-kata. Desain gambar akan kubuat sendiri menggunakan corel draw, karena well hanya aplikasi itu yang aku bisa. Mungkin jika ada yang tertarik untuk mengajariku photo shop secara gratis dengan tangan terbuka aku terima.

Enjoy readers!



3

[Review] Ilmu Retorika Mengguncang Dunia

Posted by anisya retno sari on 06:57 in , , ,
SONG OF THE DAY
Izzatul Islam - Senandung Dakwah [ download ]

irtikaz.net

Hari ini aku kembali mereview buku. Yeah! Buku yang akan aku review kali ini adalah „Ilmu Retorika Mengguncang Dunia“, salah satu masterpiecenya Ust. Dwi Condro Triono, PhD. Buku ini ditujukan khususnya untuk para aktivis dakwah agar aktivitasnya mampu berhasil. Karena memang, aktivitas dakwah bukan aktivitas main-main. Perlu taktik indah untuk meramunya menjadi sukses.

Esensi dakwah adalah untuk menyeru manusia berhijrah meninggalkan keburukan menuju kebaikan dengan cara yang baik dan terpuji tanpa mengaburkan aturan-aturan Islam. Seruan tersebut tentu membutuhkan retorika yang baik pula. Dan buku ini miliki tips kesuksesannya.

0

[Catatan Harian] Tak Pernah Sempurna

Posted by anisya retno sari on 17:48 in , , ,
SONG OF THE DAY
Gita Gutawa - Sempurna [ download ]


Kita sebagai manusia pasti paham bahwa kita tak mampu mencapai kesempurnaan. Tapi, tak mencapai kesempurnaan bukan berarti tak mencoba untuk melakukan yang terbaik bukan? Jika kita mampu melakukan yang terbaik, artinya kita mampu melakukannya mendekati sempurna.

Tapi ada satu yang tak pernah kita mampu mendekati kesempurnaan. Bukan berarti kita tak mampu. Hanya saja, ada faktor “x” yang menghalangi kita mencapai hampir sempurna. Aku pun baru menyadarinya…

0

[SangSingSong] Savana - Hanya Padamu

Posted by anisya retno sari on 17:34 in , , ,
SONG OF THE DAY
Savana - Hanya Padamu [ download ]

Hu.. hu.. hu.. 3X
Uu..

Ya Rabbi 4X
Tuhan kami

Ya Rabbi 4X
Tuhan kami

Segala puji hanya padamu Allah
Tuhan bagi semesta alam
Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Penguasa hari pengawasan

Reff:
Hanya kepada-Mu kami kan menyembah
Dan memohon pertolongan-Mu
Tunjukkanlah kami Jalan-Mu
Yang lurus dan jalan yang Engkau anugerahi

Back to Reff

* Dengan menyebut nama Allah
Ku mulakan hari dengan penuh hikmah
Mencoba tuk sisipi hari dengan firman-Mu
Agar aku dapat ridho dan keberkahan

Ya Allah anugerah yang kau beri
Penuh dengan nikmat
Ya Allah jangan kau beri kami
Jalan yang sesat dan kau murkai



0

[Artofolio] Coloured

Posted by anisya retno sari on 17:10 in , , ,
gambar: bookaholic

When I was born, I was black
When I grew up, I was black
When I get hot, I am black
When I get cold, I am black
When I am sick, I am black
When I die, I am black

When you were born, You were pink
When you grew up, You were white
When you get hot, You go red
When you get cold, You go blue
When you are sick, You go purple
When you die, You go green

And yet you have the cheek to call me coloured!

By an Anonymous pupil of King Edward VI School, Birmingham, UK
Found in The children’s book of poems, prayers and meditations ed. Liz Attenborough (Element Books, 1989)

0

[Apa Kabar Indonesia] Mengkaji Ulang Demokrasi demi Indonesia Hebat

SONG OF THE DAY
AlarmMe - Rapsodi Perjuangan [ download ]

Gambar Google

Hiruk pikuk kampanye menjadi konsumsi masyarakat Indonesia khususnya seminggu terakhir. Seluruh aspek ramai membicarakan pemilu yang akan berlangsung kurang lebih dua minggu lagi. Kampanye sejatinya adalah salah satu bentuk implementasi pelanggengan demokrasi. Salah satu cara untuk memperoleh dukungan demi kemenangan pemilu. Pergantian rezim yang berlangsung setiap lima tahunan.

Pada dasarnya masyarakat Indonesia memahami bahwa demokrasi sama dengan Islam. Masyarakat pun kebanyakan menghukumi mubah atas sistem demokrasi. Hanya saja kaum muslimin sekiranya mengkaji ulang fenomena ini melalui sudut pandang Islam dengan menggunakan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.

2

[Percikan] Empat Tipe Manusia

Posted by anisya retno sari on 08:17 in , , , , ,
SONG OF THE DAY
Opick - Kesaksian Diri [ download ]

Gambar Google

Sekarang lagi zamannya ngga sih, mengkarakteristikkan seseorang berdasarkan tipe tertentu? Ada yang menyukai aktivitas panjat gunung, lantas terciptalah karakteristik manusia berdasarkan aktivitas tersebut. Ada yang menyukai binatang, lantas terciptalah karakteristik mahasiswa berdasarkan kesukaannya terhadap binatang. Ada kupu-kupu, kuda-kuda, kura-kura, dll.

Namun jauh sebelum tipe-tipean ini menjamur dalam masyarakat. Khalil bin Ahmad al-Bishri telah menggolongkan empat jenis manusia di muka bumi ini. Sekiranya penggolongan ini mampu menjadi renungan kembali terkait tujuan manusia, terutama sebagai seorang muslim.

0

[Dialogue] Hitam Putih Kutub Manusia

Posted by anisya retno sari on 07:12 in , , ,
Jangkung: (tertawa) Kau ini bayi, Kalong! Cobalah belajar bernafas dulu! (kalong bernafas dan gerak) Satu langkah kebenaran berjalan, Kalong, sepuluh langkah kejahatan melampauinya. (Kalong bernafas dan gerak) Kebenaran pontang-panting. (Kalong meningkat) Kalong. Apa warna kebenaran?

Kalong: Putih, Guru.

Jangkung: Dan warna kejahatan?

Kalong: Hitam

Jangkung: O, jadi kehidupan ini hitam putih. Yang putih dipuja, yang hitam dikutuk?

Kalong: Tidak. Karena manusia berwarna putih sekaligus hitam.

Jangkung: Dimanakah rumah persemayaman bagi warna hijau, kuning, ungu, biru, atau kelabu?

Kalong: Juga di sel-sel darah setiap manusia. Nilai kehidupan berkutubkan putih dan hitam, tapi manusia menelan semua warna.

Jangkung: Sehingga wajah dan kepribadiaannya tidak menentu?

Kalong: Ya. Tidak menentu. Tapi juga kaya, karena itu. Manusia memilih satu atau dua warna untuk dipoleskan di wajahnya, dan itu bisa berganti setiap pagi dan sore.

Jangkung: Atas pertimbangan apa manusia mengganti warna? Kebaikan? Keindahan? Kebahagiaan? Ketentraman?

Kalong: Selera, dan keuntungan. Manusia tidak terutama berpikir baik atau buruk, melainkan enak atau tidak enak, menguntungkan atau tidak menguntungkan...

Komentar:
Begitu aku membaca secuil naskah lakon tradisi „Perahu Retak“ karya Emha Ainun Nadjib, jujur saja aku begitu terkesima dan benar-benar jatuh cinta pada karya beliau. Beliau memang seringkali menghembuskan nafas Islam dalam setiap karyanya. Masterpiecenya.

Dialog antara tokoh Jangkung si Guru Pengembara dan Kalong si Murid benar-benar mensifati manusia setuhnya. Aku bersetuju bahwa ada dua kutub dalam diri manusia. Kutub yang putih dan yang hitam. Kaum China menyebutnya keseimbangan. Yin dan Yang. Tapi tetap, manusia memiliki warna lain dalam dirinya, yang membuat manusia semakin berwarna.

Karenanya, manusia mampu memilih warna yang akan dikenakannya. Bisa biru, ungu, kelabu, hijau, dll. Karenanya pula warna yang dipilih manusia mampu berganti siang dan sore. Pagi dan malam. Berbicara mengenai pergantian waktu, aku jadi teringat sebuah hadits Rasulullah yang berbunyi:
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bersegeralah beramal sebelum datangnya rangkaian fitnah seperti sepenggalan malam yang gelap gulita, seorang laki-laki di waktu pagi mukmin dan di waktu sore telah kafir, dan di waktu sore beriman dan pagi menjadi kafir, ia menjual agamanya dengan kesenangan dunia.” (HR. Ahmad No. 8493)

Pun aku bersetuju ketika Emha Ainun Nadjib menyebutkan pilihan manusia kebanyakan hanya berdasarkan selera dan keuntungan. Karena memang begitu dan beginilah manusia. Cenderung absurd dalam menjalani hidup. Kepentingan ke“aku“an memang cenderung lebih diutamakan. Pada akhirnya manusia akan kalah terhadap nafsu. Dimakan oleh kerakusan dirinya sendiri.

Aku punya sebuah tips untuk menangkal kekalahan manusia. Kekalahan kita terhadap diri kita sendiri. Satu tips gampang-gampang sulit. Hanya satu tips untuk kaum muslim. Hiduplah sesuai apa yang Allah syari’atkan. Dan semua selesai. Kita menang. 

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.