0

[Percikan] Satu Frekuensi Satu Persepsi

Posted by Unknown on 03:31 in , , ,
SONG OF THE DAY
Brothers - Satu Perjuangan [ download ]

gambar Google

Ada sebuah cerita berhikmah yang kudapatkan hari ini. Kudapati dari seorang yang aku mampu merasakan ruh dalam setiap perkataannya. Aah, beliau pasti sangat dekat dengan Allah.

Ada sebuah pesawat yang menerbangkan penumpang dengan Beijing sebagai tujuannya. Di tengah perjalanan, pesawat mereka mengalami musibah. Bukan karena ada pembajak di pesawat tersebut. Pesawat pun dalam kondisi prima tak cacat satu apapun. Tujuan mereka pun tetap sama. Tak berganti arah. Hanya saja cuaca tiba-tiba memburuk. Lingkungan terbang si pesawat tak lagi ideal. Jika pesawat diterbangkan ke bawah, maka sama saja mencari mati. Begitu juga jika pesawat diterbangkan ke atas. Pada saat itu, semua penumpang termasuk pilot panik mencari solusi. Tapi mereka harus cepat mengambil keputusan sebelum ada yang mengambil keputusan terhadap mereka. Kematian.

Semua mengeluarkan pendapat. Bicara cepat namun tak tepat. Semua menginginkan pendapat mereka diterima. Tapi tanpa pandangan yang sama terhadap akar problemanya. Pada akhirnya sang pilot pun bertindak mendamaikan semua kegaduhan. Menyamakan persepsi para penumpang. Bahwa mereka akan selamat sampai tujuan. Satu frekuensi : selamat sampai tujuan. Caranya, dengan memutar kembali dan mencari jalur lain. Itu satu-satunya cara untuk menyelamatkan mereka dari kematian.

Apa yang bisa diambil dari cerita di atas?

Penyamaan persepsi pada saat menghadapi masalah kelompok sangat perlu. Satu frekuensi. Hal ini menjadi penting untuk mencapai mufakat. Agar mampu bersinergi mencapai tujuan awal kita. Satu frekuensi. Hal yang menjadi penting agar satu-persatu membentuk formasi saling mengisi.

Sungguh, sebuah masalah ada untuk mendewasakan kita. Juga meningkatkan valensi diri menjadi lebih baik lagi. Penyikapan tenang, sabar, tidak terkonfrontasi, tapi tetap berstrategi terhadap masalah tentu utama dibutuhkan. Ada saatnya kita untuk maju melawan, bertahan, atau bahkan memutar balik. Bukan untuk melepaskan idealisme terhadap tujuan. Hanya menunggu waktu yang tepat untuk membuktikan presensi kita.



0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.