0

[Catatan Harian] Buku Teori

Posted by Unknown on 07:12 in , ,
SONG OF THE DAY
Shaffix - Sesal Saja Tiada Guna [ download ]

gambar google

Aku benar-benat tidak habis pikir. Mengapa mengerjakan skripsi amatlah sulit. Beberapa masalah berasal dari internal diriku dan banyak masalah lainnya berasal dari eksternal. Salah satunya adalah buku teori.

Ada apa dengan buku teori? Well, prodi sastra jerman UNPAD mengharuskan mahasiswanya untuk mengambil buku teori bahasa Jerman. Tak masalah teori milik siapa yang penting teorinya menggunakan bahasa Jerman. Mungkin ini dimaksudkan untuk kami belajar membaca dalam bahasa Jerman, sekaligus belajar menerjemahkan kutipan dari bahasa Jerman karena skripsi kami berbahasa Indonesia.

Dan permasalahan timbul ketika teori asli yang kupakai berasal dari Perancis. Teori Roland Barthes. Aku sudah mencari kemana-mana, dari mulai Goethe Bandung, Goethe Jakarta, Perpusnas, Perpus Universitas Indonesia, dan Perpus FIB UI. Dan pencarianku nihil saudara-saudara.

Jangan tanya pencarian di internet. Berbagai situs e-book gratis telah kujelajahi. Dan tetap mendapatkan hasil nihil. Yang menyebalkan adalah teori ini sebenarnya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dan aku sudah memilikinya. Tapi aturan tetap aturan.

Pada akhirnya, aku memutuskan untuk membelinya via internet. Membeli langsung dari Jerman. Pengalaman pertama dan tentu menghabiskan uang. Bagaimana tidak? Aku membeli buku 96 halaman dari situs booklooker.de dengan harga 8,50 Euro. Buku bekas. Dan sudah banyak coretan di bawah tulisan serta catatan-catatan. And you know what? Harga buku yang cukup fantastis sebanding dengan ongkos kirimnya. 6 euro.

Belum cukup sampai disitu, ketika mau bertransaksi ternyata ada ketentuan untuk memakai paypal. Ini satu-satunya pilihan karena aku tidak bisa membayar langsung. Padahal paypal dalam Islam, walaupun dibolehkan, hanya saja ada aspek-aspek disekelilingnya yang berdampak pada keharaman. Untung saja ada jasa order online. Aku terselamatkan. Lewat jasa order online, aku hanya tinggal mentransfer sejumlah uang sudah termasuk pembayaran jasa dengan rupiah.

Buku teori ini belum ada ditangan. Mungkin baru dua minggu lagi sampai di Indonesia. Sedikit menghambat pengerjaan bab dua memang. Tapi aku bisa mulai untuk mengerjakan bab tiga telebih dahulu. Dan semoga, Agustus nanti aku sudah bisa wisuda. Mohon do’anya.

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.