0

[Percikan] Madrasah Agung itu Bernama Shalat Malam

Posted by Unknown on 07:43 in , , ,
gambar google

Seberapa pentingnya Shalat malam bagi seorang Muslim, tercermin dari perintah Allah secara langsung dalam firman-Nya:
“Pada sebagian malam, bertahajudlah kalian sebagai ibadah tambahan bagi kalian. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat kalian ke tempat yang terpuji.“ (QS. Al-Isra‘: 79)

Dalam pandangan Dr. Najih Ibrahim, shalat malam adalah „madrasah“ paling agung, tempat seorang muslim mentarbiyah dirinya, berkenalan dengan Tuhannya serta memahami seluruh makna nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya. Shalat malam tak hanya sekedar melawan rasa kantuk yang menyerang, tapi juga sebagai „madrasah“ untuk belajar khusuk, tunduk, merendahkan diri serta bertaubat kepada Allah.

Ketundukan kita pada malam hari adalah kunci kebesaran kita pada siang hari; sujud kita pada malam hari adalah jalan kemuliaan kita pada siang hari; kekhusukan kita pada malam hari adalah senjata kemenangan kita akan musuh serta rahasia kesuksesan kita di jalan dakwah, amar ma’ruf nahi mungkar, dan jihad fi sabilillah.

Ya. Shalat malam adalah salah satu amal demi Islam. Ia adalah salah satu sarana efektif dalam mewujudkan kesuksesan gerakan dakwah dan tegaknya Daulah Islam.


Jika kita masih sulit untuk kerjakan shalat malam dikarenakan siangnya sibuk dalam agenda dakwah dan duniawi. Berkacalah pada perkataan Khalifah Ummar bin Khattab yang sungguh menginspirasi, ”Jika aku banyak tidur pada malam hari, berarti aku menyia-nyiakan diriku. Jika aku tidur pada siang hari, berarti aku menelantarkan rakyatku.

Sebagai Khalifah, tentu beliau adalah orang yang luar biasa sibuk memimpin negaranya. Namun begitu besarnya perhatian beliau terhadap ibadah shalat malam hingga tak pernah meninggalkannya. Sholat malam beliau maknai sebagai muhasabah terhadap apa yang beliau lakukan di siang hari dan sebagai amunisi untuk melanjutkan kesibukan beliau demi mengurusi urusan umatnya.

Sungguh, jika seluruh kader dakwah mengerjakan sholat malam secara rutin, baik dalam keadaan sempit maupun keadaan lapang, insyaAllah gerakan dakwah ini akan merai sukses besar. Maka, sebagai kaum muslim yang dirinya adalah pengemban dakwah dalam sebuah gerakan dakwah, shalat malam merupakan salah satu kontribusi dirinya untuk memajukan dakwah. Dan bagi dirinya, kedudukan terpuji di dunia dan di akhirat.



0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.