0

[Percikan] Upgrading

Posted by Unknown on 07:17 in , , , , , ,
SONG OF THE DAY
Raihan - Iman Mutiara [ download ]


Jangan hanya organisasi saja yang diupgrade setiap bulan bahkan mingguan. Karena diri kita juga harus diupgrade seperti anjuran Allah swt dalam firmannya:
“Wahai orang-orang yang beriman, berimanlah..!” (QS an-Nisa: 136)

Ibnu Katsir menafsirkan ayat tersebut bukan sebagai tahshil al-hashil (yakni agar mereka beriman; padahal mereka sudah termasuk ke dalam orang-orang yang beriman), tetapi terkait dengan takmil al-kamil (yakni agar orang-orang yang beriman tersebut menambah sempurna iman yang telah ada).

Penafsiran ini tampak sesuai dengan ucap Rasulullah: “Jaddidu dinakum/imanakum (Perbaharuilah agama/iman kalian)” (HR at-Tirmidzi dan Ahmad).

Oleh karena itu, upgrade iman itu penting, agar iman yang ada pada diri ini laksana kurva yang terus menggapai puncak. Cakep bener. Terlebih lagi, jika label pada diri kita adalah label pengemban dakwah dan penjaga Islam terpercaya. Sudah sebuah hal yang wajar semestinya untuk setiap hari mengupgrade iman. Karena terkadang, kesibukan kita dalam agenda dakwah (baca: mengurusi urusan umat), juga peran kita yang lain ―mencari nafkah, mengurusi rumah tangga, dan belajar― membuat kita lupa mengurusi “kalbunya”. Jika terus menerus kalbunya dibiarkan terlantar, maka yang ada noda dalam hati semakin mewarnai. Titik demi titik, hingga menjadi hitam pekat akibat dosa-dosa kecil dan berbagai kelalaian yang tidak terasa sering dilakukan.


Imam Ghazali pernah berucap, bahwa kalbu manusia laksana cermin. Manusia akan mempu bercermin jika kalbunya putih lagi bersih. Sebaliknya, hati kita tak akan bisa lagi digunakan untuk bercermin dan mengevaluasi diri. Lantas kepekaan spiritual pun lenyap tak terasa. Hukum syara tak lagi jadi perhitungan dalam berbuat. Perkara wajib dilalaikan, perkara sunnah tak lagi dikerjakan, perkara mubah semakin sering dikerjakan, bahkan sampai menghantarkannya pada perkara-perkara makruh yang berujung keharaman. Naudzubillah.

Lantas, kini tak terhitung lagi tumpukan atas maksiat-maksiat kecil yang tak sadar dilakukan hanya karena ia abaikan kalbunya. Aktivitasnya tidak lagi berruh, dakwahnya pun terseok-seok. Dalam kondisi demikian, boleh jadi seorang pengemban dakwah menjadi hanya banyak berkata-kata tak berguna, makan secara berlebihan, banyak tidur dan bermalas-malasan, bahkan melalaikan aktivitas berdakwah.

Jika ciri-ciri ini menempel padamu, jangan biarkan ia melekat semakin kuat. Segeralah move on dan upgrade iman. Banyak cara bisa kita lakukan untuk mengatasi kondisi ini: ziarah kubur sebagai pengingat akan kematian, bersilah ukhuwah dengan orang-orang shaleh, membaca sirah nabawiyyah dan kisah heroic umat Islam, meningkatkan porsi ibadah, berkhalwat dengan Allah, memperbanyak bacaan Al-Qur’an serta pengamalannya, hingga bersedekah lebih banyak dan lebih tersembunyi dari sebelumnya.

Sebelum step demi step dilaksanakan, ikhlaskan semua apa yang kita lakukan hanya untuk Allah bukan demi yang lain. Jika kebulatan tekad telah terasa, maka insyaAllah, iman kita akan terupgrade terus menerus dan otomatis. Dan kurva keimanan kita akan terus meningkat tanpa lelah hingga mencapai keimanan seutuhnya. Cakep bener.

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.