0

[Catatan Harian] Tips untuk Menghindari Ikhtilat

Posted by Unknown on 06:55 in , ,
Tips ini merupakan hasil dari pengalamanku untuk menghindari ikhtilat. Yang harus disadari bahwa memegang aturan Islam secara kaffah hari ini memang seperti menggenggam bara yang panas. Tak jarang malah aturan Islam berseberangan dengan budaya Indonesia. Terkadang dikutuk karena sombong dan kurang sopan. Tapi lebih dari itu, aku lebih suka jika ada sesuatu dalam diriku yang tak mengenakkan, bicara dan konfirmasi mengapa aku bersikap seperti itu serta tidak menjudgje seenaknya. This is it:

Pertama, dalam kendaraan umum, aku akan menghindari kendaraan umum yang penuh, yang memungkinkan aku untuk berdesak-desakan dengan laki-laki. Aku menghindari pergi sendirian, dan memilih seorang teman untuk menemaniku. Paling tidak aku akan aman dari duduk bersama laki-laki. Jika aku terpaksa pergi sendirian, terutama saat harus pulang ke Serang, walaupun kursi masih banyak tersisa kosongnya, aku lebih memilih untuk duduk disebelah perempuan atau mengambil single seat yang ada di sebelah supir. Untuk menghindari perbincangan, biasanya aku akan langsung tidur sesaat setelah kendaraan umum tersebut melaju. Jika masuk waktu yang dimakruhkan untuk tidur, maka aku akan mengambil ear phone dan buku untuk kubaca.

Kedua, dalam undangan acara-acara, aku akan memastikan apakah acaranya diadakan terpisah antara laki-laki dan perempuannya. Jika tidak, maka aku akan menolak secara halus dan jujur. Biasanya alasan yang kulontarkan adalah, „ada acara lain yang lebih urgent“ atau „aduh, saya ngga bisa kalo acaranya cewek dan cowok. Bisa adain terpisah ngga?“. Jika yang mengundang adalah sama-sama pengemban dakwah, aku akan jujur mengatakan hukum ikhtilat yang berlaku dalam Islam.

Empat tahun lalu, jika aku diberitahu tentang aturan Islam yang tidak populer, aku pasti akan mengumpat dan menyebut „fanatik amat sih!“. Tapi sekarang, aku akan lebih legowo dalam menjalani aturan-aturan Allah. Aku mendengar dalilnya dan aku taat. Sesederhana itu.



0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.