4

[Catatan Harian] Erste Award „The Liebster Award“

Posted by Unknown on 06:20 in ,
Dua malam lalu, saat saya akan terlelap tidur. Tiba-tiba Lucifer, nama handphone saya, berbunyi. Sebuah pesan singkat masuk. Isinya menyuruh saya untuk mencek twitter, media social yang hanya saya gunakan untuk melihat berita atau melirik isi otak para politisi, negarawan, atau alim ulama. Maka jika nama saya di mention, saya terlampau jarang menanggapi. Saya tidak peduli jika ada yang bilang saya norak atau kampungan karena tidak bergaul di twitter.

Maka bijak bagi Teh Frida, si pengirim SMS, untuk memberitahu saya sebelumnya via SMS. Jika tidak, saya benar-benar tidak akan melihatnya Teh :) dan voila! Ternyata Teh Frida dengan baik hati mengestafetkan sebuah penghargaan kepada saya. How sweet Teh! So romantic! Hehe :) dan saya dengan senang hati, of course, menerima penghargaan “The Liebster Award”.

“The Liebster Award” adalah penghargaan yang diberikan oleh seorang blogger ke blogger lain. Dari blog satu ke blog lainnya. Artinya “The Liebster Award” akan terus merantai keseluruh penjuru dunia. Tanpa ada putus-sambung. Menyapa satu blog ke blog lain dan membuat para blogger dekat satu dengan lainnya.

Begitu denger nama penghargaannya, ini Denglisch (percampuran antara bahasa Jerman dan Inggris) banget deh. Liebster berasal dari adjective lieb yang berarti cinta. Pernah makan dong bonbon Alpenliebe, yup liebe di sini juga berarti cinta. Cinta pegunungan Alpen. FYI, biasanya tambahan st menyatakan perbandingan superlativ dan akhiran –er dalam bahasa Jerman bermakna orang. Jadi kurang lebih award ini bermakna orang yang paling tercinta. Itulah kenapa logo award ini ada gambar hatinya dan berwarna pink.


Saya menerima award ini tidak gratis. Ada beberapa point yang harus saya lakukan agar mantap, diantaranya:
1.      Membuat postingan bertemakan “the liebster award” di blog kamu
2.      Mengucapkan kata terimakasih kepada blogger yang udah ngasih kamu award ini
3.      Menjawab 11 pertanyaan yang diajukan oleh blogger yang ngasih kamu award ini
4.      Menceritakan 11 fakta tentang diri kamu
5.      Memilih 5-11 blog untuk kamu estafetkan award ini dan memberikan 11 pertanyaan.

Ich Danke dir Teh Frida :)
Jazakillah Teh Frida untuk awardnya. Gara-gara award ini saya akhirnya membuat postingan blog di tengah-tengah pengerjaan skripsi. How refreshing! Menulis (selain skripsi) memang menyenangkan. Hehe. Dan maaf, padahal saya janji kemaren nulisnya. But its okay, right? Selama saya membuatnya? Saya pengen kopdar lagi sama teteh untuk sharing tentang segala hal. Apapun bisa jadi obrolan deh kalo sama Teteh :)


Dan ini adalah jawaban saya dari 11 Pertanyaan Teh Frida, yang bahkan pertanyaan saat UAS saja lebih sedikit…
1.      Sebagai seorang blogger, apa sih hambatan paling besar yang kamu rasakan untuk menulis?
Awalnya hambatan terbesar dalam membuat postingan adalah karena rasa malas atau mood. Tapi sekarang, saya tidak memiliki waktu banyak untuk membuat postingan karena deadline penulisan skripsi. Dan di sini skala prioritas bermain, saya terpaksa menunda keinginan membuat postingan di blog dan fokus terhadap skripsi. Sama-sama menulis to? Hanya saja, kegiatan menulis di media social tidak serta merta saya hentikan, saat ini saya sedang keranjingan mengisi tumblr yang baru saja saya buat. Di sana saya biasanya menulis 2 hingga 3 kalimat untuk mengurangi kerinduan terhadap menulis.

2.      Kamu punya target khusus untuk blogmu?
Nope. Saya menulis untuk diri saya sendiri. Saya menulis apa yang saya baca, apa yang saya suka, apa yang saya kerjakan, apa yang saya rasakan, atau apa yang saya tonton dan dengarkan. Seperti saya kecil yang menyukai menulis diary dan berganti di tempat yang berbeda. Dan menulis terbukti ampuh dapat menghilangkan kepenatan yang saya derita. Jika orang lain membaca catatan harian saya dan pada akhirnya berguna bagi mereka, itu hanya dampak. Dampak yang baik.

3.      Menurutmu yang paling enggak banget dari seorang blogger itu apa?
Blogger yang blognya ngga ada postingannya. Lalu apa yang harus saya baca? Hehe. Atau blogger yang baguuuuusss banget gaya penulisannya sehingga Si blogger mampu mempersuasikan pembaca. Eeeehhh, tapi postingannya nggak shohih. Sayang banget T__T

4.      Siapa penulis favoritmu dan kenapa?
Saya baru baca salah satu karyanya sih. Demi tugas penerjemahan pula. Tapi saya mengalami apa yang disebut jatuh cinta pada pandangan pertama. Saya dibuat masuk terhadap dunia cerita Sang Penulis. Dan sebagian besar karya-karyanya bernafaskan Islami. Beliau adalah Emha Ainun Najib atau dikenal dengan panggilan Cak Nun.

5.      Apa genre Fiksi yang paling kamu sukai dan kenapa?
Detektif dan Romance yang harus diselingi humor. Memang kedua genre tersebut seakan berada di kutub yang berbeda. Yang satu ngegunain otak banget. Yang satu ngegunain perasaan banget. Saya suka keduanya, tanpa saya tahu alasannya. Suka kan terkadang ngga butuh alasan. Right?

6.      Tentang Indonesia nih, menurutmu apa sih masalah yang paling krusial di negara Ini?
Simple, karena tidak adanya Allah pada setiap perbuatan dan pemikiran kaum muslim Indonesia. Tak ada dalam prinsip mereka “Allah dulu, Allah lagi, Allah terus”. Dan inilah yang terjadi. Kerusakan yang semakin menjadi-jadi.

7.      Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaikinya?
Berubah dan merubah, mbok kalo diem wae, ya mati to? Rasulullah contohkan dengan metode dakwah. Maka inilah yang tengah saya lakukan. Tidak sendiri, tapi ikut dalam sebuah jama’ah dakwah. Hizbut Tahrir.

8.      Apa Harapan kamu untuk pendidikan di Indonesia?
Semoga pendidikan Indonesia ke depannya GRATIS dan dengan inventaris yang maksimal, tidak tebang pilih antara si kaya dan si miskin atau si pintar dan si malas. Pendidikan yang goal settingnya bukan lagi soal “Berapa (uang) yang saya dapat dengan saya sekolah setinggi ini?” tapi “Berapa (manfaat) yang orang lain dapat dengan saya sekolah setinggi ini?”. Artinya, tidak me oriented tapi people oriented. Pendidikan yang mampu membentuk pola pikir dan pola sikap Islami bagi kaum muslim. Sehingga tidak ada ceritanya, seseorang harus memilih untuk menimba ilmu agama atau ilmu duniawi.

9.      Makanan favoritmu apa aja?
Ngga ada yang spesial. Saya suka apapun masakan buatan Ibu. Ehhmmm yummi!

10.  Keterampilan apa yang ingin kamu kuasai?
Masak makanan yang enak. Menjahit. Berkuda. Memanah. Belajar multimedia. Belajar photoshop, coreldraw, sama aftereffect. Belajar lagi piano. Belajar fotografi.
Dan sayangnya, kebanyakan apa yang ingin saya kuasai membutuhkan uang banyak untuk mencapainya.

11.  Bahasa (asing) apa yang ingin kamu kuasai?
Pertama, bahasa Arab, karena Allah mewajibkan hambanya untuk mempelajarinya. Alasan yang lebih dari cukup untuk seorang muslim mempelajarinya.
Kedua, bahasa Prancis. Saya sangat penasaran dengan bahasa ini. Dua semester saya ambil mata kuliah ini ditambah pemantapan dua semester setelahnya, tidak membuat saya mengerti dan mengingat banyak. Pardon Madam!
Ketiga, bahasa isyarat. Saya ingin merasakan, secara tidak langsung, bagaimana berada dalam posisi dengan kelebihan tidak dapat berbicara.
Keempat, bahasa nonverbal. Saya butuh kemampuan untuk membaca “gerak-gerik non bahasa” untuk mengetahui kebenaran seseorang. Mulut bisa saja berbohong, tapi tidak “gerak-gerik” tubuhnya.

Huufft, selesai juga dong jawab pertanyaannya. Dan sekarang saya harus menambahkan dengan 11 fakta random tentang saya. Here we go!
1.    Saya asli keturunan jawa tengah dan bukan darah campuran. Hanya saja saya lahir dan tinggal hingga SMA di Banten yang terkenal dengan bahasa jawa serang yang kasar dan bahasa sunda yang juga kasar. Dan sekarang, saya menetap di Bandung. Dengan latar belakang Jawa Tengah, Banten, dan Bandung, tidak lantas membuat saya fasih berbahasa daerah. Jika sudah begini, saya benar-benar cinta Bahasa Indonesia.

2.   Saya masih dalam proses belajar menjadi muslimah seutuhnya. Setelah kehidupan saya berubah 1800 dengan menggunakan jilbab saat awal kuliah dan mengkaji Islam akhir 2010, hidup saya menjadi lebih terarah.

3.      Saya mahasiswa semester 8 fakultas Ilmu Budaya Program Studi Sastra Jerman. Semester lima lalu, saya memutuskan untuk menjuruskan mata kuliah saya pada bidang linguistik yang beranggotakan anak-anak yang linglung. Makanya grup line kami namakan dengan linglungistik yang akhir-akhir ini berubah nama menjadi linglung pisan. But I love that craziness.

4.    Saya sedang dalam proses pembuatan skripsi dengan data sebuah film.

5.    Saya bukan perempuan yang suka milih-milih makanan. Saya suka makan apa saja terkecuali santan yang akan membuat perut saya sakit all day. Bukan karena ngga suka. Masakan padang is big no no buat saya! Padahal katanya, katanya rendang adalah makanan terenak sedunia ya? Saya juga ngga suka durian, buah satu ini bisa buat saya mual, pusing, hingga muntah-muntah. Dan orang-orang terdekat saya mengetahui dengan baik pantangan saya dalam makanan.

6.      Saya sedang belajar menyukai memasak atau lebih tepatnya menyukai bereksperimen dengan masakan. Oleh karena itu fasilitas kompor pondokan dan pasar tradisional yang dekat, saya maksimalkan untuk membuat makanan sendiri.

7.    Akhir-akhir ini saya suka sekali dengan blogwalking atau harus saya sebut tumblrwalking. Gegara ini, saya sampai-sampai membuat tumblr baru. Tumblr yang saya kunjungi pun bermacam-macam. Ada meme tumblr, food tumblr, fashion tumblr, nail tumblr, beauty tumblr, room tumblr, creative tumblr, und so weiter.

8.     Saya memakai nama fenorevanisya untuk setiap nama media social kecuali facebook. Semacam identitas. Pernah ada yang bertanya apa makna dibalik nama “fenorevanisya” dan saya hanya tersenyum dan mengatakan “a secret makes a woman woman”. Haha, biar saya punya rahasia.

9.      Saya baru bisa mengendarai motor saat semester tiga. Motor matic, yang gigi ngga lancar. Itupun track yang saya lalui hanya jalanan di dalam UNPAD. Tidak pernah terjun ke jalanan besar. Tapi beberapa hari lalu saya memberanikan diri untuk turun gunung. Pada saat itu, jalanan besar sedang macet, bak sekali mendayung dua tiga pulau terpenuhi, selain saya belajar mengendarai motor di jalanan besar, juga merasakan sensasi mengendarai motor di trotoar. Peace.

10.  Selama saya kuliah, ada yang tidak pernah berubah dalam keseharian saya. Sms minimal tiga kali sehari dari Ibu untuk sekedar menanyakan „mbak udah berangkat?“ atau „mbak udah pulang“ atau „mbak puasa ngga hari ini?“ atau „mbah udah makan?“ atau „mbak masak apa?“ atau „mbak agenda hari ini apa?“.


11.  Jika kelak saya memiliki anak, saya ingin memiliki anak kembar karena saya suka sekali anak kecil dan ingin menantang batas kesabaran saya. Keinginan saya terilhami dari sepupu saya yang memiliki anak kembar laki-laki dan perempuan dengan usia dua tahun. Yang saya salut dari Mbak saya yang satu ini adalah kesabarannya dalam mengurus si kembar. Ngga pernah marah coba. Padahal si kembar kalo yang satu rewel dua-duanya rewel.

Untuk point terakhir masih saya endapkan dalam otak siapa dan pertanyaan apa yang ingin saya ketahui. Dan postingan saya kali ini berakhir di sini. The end.

4 Comments


Wi, mantep. Walau teteh udah kenal dirimu karena kita sefakultas tapi banyak poin yang baru teteh tahu loh. Kalau dipikir2 kita jarang (atau malah gak pernah?) ngomong topik yg personal. Untukng ada liebster award :)


Alhamdulillah tulisan yang bagus, setidaknya ada beberapa point yang ayah baru tahu juga, seperti kata Teh Frida, dan mohon ijin blog ini saya pake buat contoh bagi anak2 yang sedang belajar blog di kampus (tapi tidak ada royalti nya he he he)
Untuk jawaban no.10, keberhasilannya banyak faktor, biaya hanya salah satunya.
Bercita2lah yang tinggi, ayah dan ibu mendo'akan keberhasilannya. Allah bersama kita


@Frida Nurulia iya teh, mungkin karena sibuk dengan persoalan umat yang tidak kunjung selesai? -__-?

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.