0

[Tahukah Kamu] Makna Politis Adzan

sumber: mobavatar.com

Tahukah kamu? Jika saja para muslim mau merenungkan kalimat-kalimat yang terdapat dalam seruan untuk sholat. Bahwa adzan merupakan seruan resmi yang dikeluarkan dari pusat resmi negara ―masjid―. Ya. Bahwa adzan miliki makna politis.

Allahu Akbar Allahu Akbar
Sungguh Allah lebih besar daripada para thagut, maka Allah-lah yang lebih besar dalam membuat rintangan, dan Dia Maha Memenangkan semua urusan-Nya.

Asyhadu Alla Ilaha Illallah
Bahwa tak ada kedaulatan dalam negara Islam selain kepada Allah dan tidak ada hukum selain hukum Allah. Allah adalah Pencipta sekaligus Pengatur setiap urusan hamba-Nya.

Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah
Bahwa Allah swt telah menyerahkan kepemimpinan atas umat Islam kepada Muhammad, sehingga tidak ada seorang pun yang berhak merampas kepemimpinan darinya. Beliau tetap dengan kepemimpinannya hingga Allah menyempurnakan agama-Nya melalui al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasul-Nya, dan juga melalui as-Sunnah yang diilhamkan Allah atas Rasul-Nya. Sungguh Rasulullah merupakan sebaik-baiknya suri tauladan bagi umatnya.

Hayya ‘Alash Shalah. Hayya ‘Alal Falah
Maka bersegeralah, wahai manusia, untuk bergabung di bawah bendera negara yang murni karena Allah ini dengan bersama-sama memperkokoh hubungan manusia dengan Tuhannya, memperkokoh hubungan manusia dengan sesamanya berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan yang sangat tinggi.

Allahu Akbar Allahu Akbar. La ilaha Illallah
Akhirnya, Allah kembali mempertegas akan keMahaan-Nya. Bahwa kedaulatan dalam Negara Islam hanya milik Allah semata, dan hukum yang ada dalam Negara Islam hanya syari’at-Nya saja.

Sumber: Prof. Dr. Muh. Rawwas Qol’ahji. Sirah Nabawiyah: Sisi Politis Perjuangan Rasulullah SAW. 2011. Al Azhar Press: Bogor.



0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.