0

[Review] One Day One Post (ODOP) for 99 Days

Posted by anisya retno sari on 00:05 in , ,
Bismillah.

Fakta bahwa sudah lama saya tidak menulis dan membuat postingan menjadi alasan baik bagi saya untuk mengawali tahun 2016 ini dengan kembali menulis. Kembali membuat postingan karena postingan terakhir saya sudah sangat lama. Bulan Juni, itupun hanya sebuah quote.

Menulis memang harus menjadi habits jika tidak ingin mengulang lagi dari awal. Bayangkan saja, untuk membuat satu postingan ini, saya membutuhkan waktu relatif lama. Tangan pun sering berhenti memainkan tuts-tuts keyboard laptop sebab ide tak kunjung terang.

Oleh karena itu, demi kembali menghidupkan habits yang teronggok di laci terdalam pemikiran saya, saya mencoba untuk memaksa diri demi menulis. Saya akan mencoba challengeOne Day One Post” for 99 Days. Challenge ini bukan merupakan pesan berantai yang dikirimkan kepada saya dan harus saya lanjutkan kepada orang lain. Saya mengetahui challenge ini saat mengunjungi facebook Mbak Nurisma Fira yang juga tengah membuat challenge yang sama diblog beliau.


Challenge ini cukup “mudah” diikuti. Kalian hanya tinggal membuat satu postingan apapun temanya setiap hari, dari Senin - Jum’at, hingga hari ke 99. Sabtu dan Minggu libur membuat postingan dan bisa dipergunakan untuk mereview tulisan dan membaca buku sebagai bahan.

Saya mencoba nyeleneh dari peraturan tersebut dan tetap akan memposting pada Sabtu – Minggu. InsyaAllah postingan pertama akan saya buat esok (19 Januari 2016). Dan jika dijumlah-jambleh, maka challenge ini akan berakhir tanggal 02 Mei 2016. InsyaAllah tidak hanya postingan tulisan tapi lengkap dengan hasil design amatir yang akan saya post di instagram (@fenorevanisya). Kira-kira, sanggupkah saya menyelesaikan challenge ini?

Jika kalian juga ingin ikut serta dalam challenge ini agar menulis dapat menjadi habits, maka saya sarankan untuk mengkonsep dengan rapi hingga tataran tekhnis. Dimulai dari bahan tulisan yang umumnya ditopang dari buku yang kalian baca atau dari pengalaman pribadi. Untuk bahan bacaan, mari membuat list buku yang harus dibaca ataupun artikel keislaman. Semakin banyak membaca semakin banyak pula apa yang bisa ditulis.

Untuk pengalaman pribadi, pastikan ada pesan moral dan feeling agar pembaca mampu meresapi tulisan kita dan ikut merasakan apa yang kita rasa. Entah kita bahagia, kecewa, sedih, senang, bahkan marah.

Selain itu saya sarankan untuk membuat mabni waktu untuk menulis. Jam berapa? Selepas apa? Dan berapa lama? Misalnya, saya akan mencoba membuat tulisan selepas subuh selama 45 menit dan membuat design amatir selepas isya, juga selama 45 menit.

Di atas saya sudah sebutkan bahwa challenge ini bukanlah pesan berantai. Tapi seru ngga sih? Jika kita melalui challenge ini ramai-ramai. InsyaAllah akan bertebaran kebaikan dan kebermanfaatan. Yuuk dicoba ramai-ramai agar energinya jadi tertular dan kita pun bersemangat.




0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.