0

[Percikan] Makhluk Heterogen, Yang memerlukan Homogenitas

Posted by anisya retno sari on 04:39 in , ,

            
           Kompleks. Satu kata untuk menggambarkan kita sebagai manusia. Tidak hanya dilihat dari sisi biologisnya saja, bahwa kita terdiri dari multisel. Dalam segala aspek, manusia memang kompleks. Ditambah lagi dengan satu poin yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Akal. Ya dengan akal bertambah lagi sederet kekompleksitasan yang ada.

            Akal, lewat pemikiran manusia membuktikan eksistensi kerumitan tingkat tinggi dalam otak manusia. Darinya tercipta ide-ide mendunia. Demokrasi, feminisme, evolusi, kapitalisme, sosialisme, liberalisme dan banyak lagi. Tak terhitung dengan jari. Eksistensi pemikiran-pemikiran ini pun tergantung, apakah ia mampu atau tidak menawan zaman. Asas manfaat.

            Sungguh Maha Suci Allah SWT, pencipta manusia dengan segala kekompleksitasannya. Manusia berbeda satu sama lain. wajah, bentuk tubuh, warna kulit, dan isi otak yang berbeda-beda. Bahkan kembar identik pun pastilah memiliki pemikiran masing-masing. Dan manusia, kompleks lagi heterogen.

            Tapi tak dipungkiri kita adalak makhluk sosial yang membutuhkan jua persamaan. Yang dapat membuat kami satu. Tak terpecah-belah. Tak terlarut dalam egoisme pemikiran individu yang menganggap ini lebih benar dari itu. Atau inilah yang paling benar. Tentu dinisbatkan pada persepsi manusia. Persamaan ini selaksa air di tengah padang tandus. Menyegarkan.

            Dan begitulah masyarakat. Ia merupakan kumpulan individu yang memiliki pemikiran, perasaan, dan aturan yang sama. Itulah yang dipersepsikan sebagai masyarakat. Satu syarat saja hilang, maka mereka tak tergolong masyarakat. Hanya kelompok atau golongan.

            Ya, homogenitas diperlukan untuk menyatukan individu-individu kompleks. Lewat aturan yang menyatukan. Tak malah membatasi kami. Dan perlu dicatat : Homogenitas tak melulu diartikan mati kreatifitas.

            Kami adalah makhluk heterogen yang tak memungkiri homogenitas. Untuk saling menjaga. Untuk saling berbagi kekuatan. Aturan yang satu, untuk semua.

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.