0

[Review] January Book

Selamat tahun baru 2015! Semoga Indonesia dan umat muslimnya semakin baik lagi dengan menerapkan syariah islam secara kaffaah. Semoga Allah menurunkan pertolongan demi kemenangan Islam. Aamiin. Aamiin. Aamiin.

Salah satu resolusi saya di 2015 ini adalah membaca buku keislaman sebanyak-banyaknya. Hanya saja, buku punya saya sudah habis terbaca. Oleh karenanya saya akan melakukan pemantapan dengan membaca ulang buku-buku saya sembari mengumpulkan kembali pundi-pundi demi membeli buku baru.

Dan bulan ini, saya akan membaca 3 buah buku. 2 buah buku berukuran kecil dan 1 buah buku berukuran sedang. Dan berikut adalah buku bacaan di januari.

Buku pertama yang sedang saya nikmati adalah buku berjudul “Demokrasi Sistem Kufur“ karangan Ust. Abdul Qadim Zallum, yang dikenal sebagai pemimpin kedua Hizbut-tahrir. Di cover buku yang saya miliki terdapat caption terkait demokrasi, yang nampaknya mendefinisikan kekufuran demokrasi sehingga umat muslim “Haram mengambil, menerapkan, dan menyebarluaskan“. Di buku ini, Ust. Abdul Qodim Zallum mengupas secara maksimal tentang demokrasi dengan disertai dalil-dalil Al-Qur’an dan Hadits.

Buku kedua, masih berbentuk mini book, dengan judul “Kaidah Kausalitas“ adalah buku yang akan saya selesaikan setelah melahap buku pertama. Buku ini sedikit banyaknya membahas terkait sebab dan akibat atas usaha, do’a, dan tawakal terkait perbuatan manusia. Saya menyebut buku ini sebagai buku motivasi agar saya senantiasa berusaha terhadap apa yang memang patut untuk saya usahakan. Bagi yang sedang mengkaji buku nidhamul Islam bab Qadha dan Qadar, buku ini merupakan pendampin yang baik agar semakin paham hakikat perbuatan manusia.

Dan buku ketiga, buku terakhir di Januari yang saya pilih untuk dibaca adalah buku “Materi Dasar Islam: Islam mulai Akar hingga Daunnya“ karya Tim Lembaga Dakwah Kampus yang dieditori oleh Arief B. Iskandar. Buku ini benar-benar mengupas bagian terdasar Islam. Landasan bangunan keimanan dalam Islam yang terdiri dari Akidah Islam, Syariah Islam, Siyasah (politik) Islam, Syakhsiyah (kepribadian) Islam, dan Dakwah Islam. In-sha-Allah setelah membaca buku ini keimanan sebagai seorang muslim kian mantap berdasarkan rasionalitas dan bukan sekedar Islam keturunan belaka.

Tiga buku ini, In-sha-Allah akan saya buat reviewnya lebih dalam disertai dengan kata-kata inspiratif yang terdapat di dalamnya. Dengan review ini saya berharap dapat menularkan kegiatan membaca buku, terutama buku-buku Islam ideologis. Aamiin.



0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.