2

[Tahukah Kamu] Khurafat Membayangi Kehancuran Khilafah Utsmaniyah

Posted by Unknown on 23:09 in , , , ,
Tahukah kamu?

Di akhir pemerintahan Utsmani, khurafat menyebar dalam skala yang demikian luas. Mitos-mitos dan legenda menyebar di tengah-tengah kaum muslimin dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, seakan-akan menjadi satu hal yang diterima secara mutlak dan tidak bisa dibantah. Di antara khurafat yang eksis di Istambul adalah bahwa Masjid Jami‘ Khawaja Mushtafa Pasya dikelilingi oleh rantai yang ujungnya diikatkan pada sebuah pohon yang sangat tua.

Tersebutlah khurafat terkait rantai tersebut yang ramai menjadi buah bibir masyarakat bodoh, yakni bahwa setiap orang yang mengingkari sesuatu yang benar dan ia duduk di bawah rantai itu, maka rantai akan jatuh ke kepalanya dan jika ia benar dalam pengingkarannya, maka rantai itu tidak akan bergerak.
Tidak hanya itu, umat telah tenggelam dalam penyembahan terhadap kuburan-kuburan dan menggantungkan diri padanya.

Khurafat al-khurafat [bahasa arab]― dongeng, legenda, kisah, cerita bohong, asumsi, dugaan, kepercayaan, dan keyakinan yang tidak masuk akal, atau aqidah yang tidak benar.




2 Comments


@Nur Kholis Mansur sumber: Buku Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyahkarya Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi halaman 640.

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.