0

[Percikan] Kelemahan dan Keterbatasan atas Manusia

Posted by Unknown on 07:56 in , , , ,
“Da aku mah apa atuh, cuma kebul damri sisa hasil pembakaran...“

Berbicara tentang manusia, alam semesta, dan kehidupan, semestinya cukup membuat kita menyadari kelemahan dan keterbatasan diri ini jika disandingkan dengan penginderaan yang sebenar-benarnya serta akal yang digunakan dengan pemikiran yang mendalam.

Sungguh, siapa pun yang mengarahkan pandangannya ke langit akan melihat betapa besar dan luasnya alam semesta ini. Langit bergantung yang ditinggikan tanpa tiang tak sanggup manusia menciptanya, bahkan hanya sekedar menjangkau pun tak berdaya.

Sungguh, siapapun yang mengarahkan pandangannya pada bintang-bintang di langit malam akan melihat betapa indahnya langit malam. Bintang yang bertebaran, berkelap-kelip tak jua sanggup manusia menghitung jumlahnya. Maka sungguh, secuil realitas kebesaran langit dan bintang sekaligus menunjukkan kebesaran, kekuasaan, dan keagungan Penciptanya.


Realitas kebesaran Pencipta sungguh kontras jika dibandingkan dengan realitas manusia. Manusia akan tampak kecil bagaikan setitik debu dihamparan jagat raya ini. Jika demikian halnya, atas dasar apa sikap kesombongan yang ada pada manusia hingga tak mau beribadah secara total?

Bahkan jika menelusuri jejak terciptanya manusia, maka sungguh, manusia tercipta dari sesuatu yang hina bernama mani. Air hina yang keluar dari tulang punggung ayah dan tulang dada ibunya. Lalu air itu terpancar, kemudian beradu dan tersimpan dalam rahim ibunya. Selanjutnya Allah menciptakan dari air itu manusia dengan kesempurnaan akal. Jika demikian halnya, atas dasar apa sikap kesombongan yang ada pada manusia hingga tak mau beribadah secara total?

Oleh karenanya, pantaslah jika manusia beribadah secara total dalam keadaan apa pun. Beribadah sebenar-benarnya ibadah. Tanpa tapi, karena tak ada alasan bagi manusia kecuali tunduk kepada Allah dan patuh pada syariah-Nya. Tanpa nanti, karena kematian adalah suatu hal yang pasti meski tak tahu kapan akan datang.


0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.