0

[Apa Kabar Indonesia] Pray for Indonesia : Indonesia Siaga Bencana

SONG OF THE DAY
Sherina - Indonesia Menangis [ download ]

gambar google

Rentetan musibah bencana alam melanda sejumlah wilayah ibu pertiwi. Media televisi begitu gencar memberintakannya. Banjir begitu dahsyat menimpa Indonesia. Mulai dari Pulau Jawa hingga luat Pulau Jawa. Di Jakarta saja, 50 kelurahan terendam amukan banjir. Di Subang ribuan rumah di 12 kecamatan dilanda banjir, hingga wilayah lainnya seperti Bekasi, Indramayu, Pamanukan, Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Semarang, Pati, Kudus, Jepara. Kabut duka benar-benar mengelilingi korban banjir yang harus mengungsi dari tempat tinggal mereka. Pray for Indonesia.

Tidak hanya itu, 25 Januari lalu menjadi saksi bisu terjadinya gempa 6,5 skala richter di barat daya Kebumen. Guncangan gempa dirasakan oleh warga Magelang, Cilacap, hingga Ciamis. Tak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun puluhan rumah rusak menjadi satu dengan bumi. Pray for Indonesia.

Dan kini, erupsi gunung Sinabung menjadi headline besar-besaran. Sekitar 28ribu jiwa dari 34 desa harus mengungsi. Hingga kini, terdapat 16 korban meninggal akibat terkena awan panas dan kerugian mencapai ratusan miliar rupiah. Pray for Indonesia.

Indonesia kini sedang diuji oleh ketetapan-Nya. Tak ada yang mampu mengubah dan mencegah bencana yang merupakan qadha’ Allah. Sikapi dengan bijaksana setiap problematika dengan lapang dada, ridha, bersabar, bertawakal kepada-Nya dan mengembalikan semuanya kepada Allah yang Mahakuasa.


Lebih dari itu, jadikan musibah sebagai pelajaran yang dapat diambil hikmahnya. Melalui bencana yang didatangkan, Allah ingin tunjukkan Kuasa-Nya atas manusia yang lemah. Sadari bahwa dibalik semua problematika, ada peran tangan-tangan manusia yang usil dengan alam. Banjir di Jakarta misalnya adalah akibat tangan-tangan yang tak terampil membuang sampah pada tempatnya hingga tangan-tangan berkuasa yang melegalkan pembangunan di tanah-tanah resapan air, tanpa diselingi dengan penghijauan. Semua terlibat, dari semua elemen masyarakat, hingga elemen pemerintah.

Mari bersama-sama perbaiki Indonesia. Masalah bencana alam bukanlah masalah teknis semata tetapi juga masalah sistemik yang menyangkut ideologi yang diemban sebuah bangsa. Sebab masalah yang ada juga menyangkut tata ruang yang tidak dipatuhi, kemiskinan yang memaksa mereka menempati rumah di pinggiran kali, keserakahan yang membuat daerah hulu digunduli, diganti dengan vila-vila mewah yang jarang ditempati, daerah resapan yang dioperasi menjadi mall-mall demi keuntungan bisnis pengusaha, sistem anggaran yang tidak aceptable atasi bencana. Semuanya saling berkaitan dan mengarah pada satu akar permasalahan: politik kapitalisme yang hanya mencari prospek menambah kekayaan. Semuanya dikemas secara tak terstruktur menjadi Indonesia kekinian. Indonesia dengan masalah menahun yang tak pernah belajar dari kesalahan.

Kesalahan terbesar yang dilakukan seorang hamba terhadap Penciptanya: tak terapkan Islam dalam kehidupan secara keseluruhan. Jika dan hanya jika kaum muslim mau dan mampu untuk memperbaiki kesalahannya dan melaksanakan taqwa secara sempurna. insyaAllah, Allah pun akan meridhai dengan melimpahkan rahmat bagi semesta alam. Tentu ini semua butuh kesadaran tinggi, kerja keras, dan kerja ikhlas, bukan hanya bagi individu dan kelompok, tapi juga pada tingkat masyarakat dan penguasa.

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.