0

[Apa Kabar Indonesia] Gambaran Akan Khilafah

bogotabb.blogspot.com

Dalam paragraf pertama pendahuluan kitab Daulah Islamiyah, Ust Taqiyuddin an-Nabhani menuliskan bahwa, “Generasi sekarang belum pernah menyaksikan Daulah Islam yang menerapkan Islam. Begitu pula generasi yang hidup pada akhir masa Daulah Islam (Daulah Utsmaniyah) yang berhasil diruntuhkan Barat. Mereka hanya dapat menyaksikan sisa-sisa negara tersebut dengan secuil sisa-sisa Pemerintahan Islam. Karena itu, sulit sekali bagi seorang muslim untuk memproleh gambaran tentang Pemerintahan Islam yang mendekati fakta sebenarnya sehingga dapat disimpan dalam benaknya. Anda tidak akan mampu menggambarkan bentuk pemerintahan tersebut, kecuali dengan standar sistem demokrasi yang rusak yang anda saksikan, yang dipaksakan atas negri-negri Islam.”

Jika hari ini masyarakat Indonesia ditanya dengan pertanyaan sederhana ―sederhana karena sebagai muslim, ia harus tahu― tentang apa itu khilafah?, saya yakin, saya akan mendapat jawaban yang berbeda. Tapi mengingat peristiwa belakangan ini, saya yakin sebagian besar masyarakat akan menghubungkan khilafah dengan ISIS, walaupun opini ini cenderung dipaksakan karena digiring oleh berbagai media nasional. Hal ini wajar, karena Ustadz pun telah menuliskan di awal pendahuluan bukunya, bahwa akan sulit bagi kebanyakan kaum muslim kekinian untuk menggambarkan khilafah bahkan mungkin ada masyarakat yang tidak tahu menau tentang pengertian khilafah. Hal ini bahkan juga menjadi wajar, karena generasi yang hidup pada akhir masa Daulah Utsmaniyah pun akan kabur dalam menggambarkan khilafah yang ―akhirnya― berhasil diruntuhkan Barat dengan berbagai cara dan tipu muslihat.


Jika kita berbicara tentang sebuah peradaban besar yang kini runtuh, pasti akan meninggalkan jejak-jejak historis, yang membuktikan bahwa Islam pernah berjaya dalam wadah institusi negara selama 13 abad di 2/3 belahan dunia. Seperti peradaban Roma yang meninggalkan colloseumnya, khilafah juga meninggalkan bangunan-bangunan bersejarah, layaknya hagia Sophia di Turki, atau Universitas Al-Azhar di Kairo, dsb dsb. Hanya saja bangunan merupakan saksi bisu yang tak pernah bicara akan kejayaannya di masa lalu, terlebih sisa-sisa bangunan bersejarah penanda khilafah sudah banyak yang dialih fungsikan. Hagia shopia yang awalnya adalah sebuah masjid, kini dijadikan museum. Universitas Al-Azhar memang masih belum berubah fungsi, tapi sangat jauh dengan fakta saat khilafah masih berdiri.

Artinya, kaum muslim kekinian memang difasilitasi untuk tidak mengenal akan sejarah kegemilangannya. Di samping banyaknya faktor lain yang menjauhkan muslim dari kemurnian tsaqofah Islam. Sampai saat ini saja, saya yang sedang mengkaji terkait khilafah, tak serta-merta mudah menggambarkannya. Cara paling mudah menggambarkannya kepada masyarakat tentang khilafah memang menyandarkan pada standar demokrasi dan kebahagiaan materi. Misalnya, dengan sistem Islam yang sempurna di tegakkan dalam tubuh daulah khilafah, kita ―warga daulah yang plural, terdiri dari kaum muslim dan kaum non muslim― akan mendapatkan pendidikan dan kesehatan gratis. Atau negara akan menyediakan lapangan pekerjaan sehingga kita tidak akan kelaparan. Atau hukum berlaku seadil-adilnya ―mengingat keputusan MK menolak gugatan Prabowo―. Atau akan lahir kembali pemimpin sekaliber Umar dan Abu Bakar.

Tidak ada yang salah memang dengan penggambaran di atas. Hanya saja, kurang tepat. Karena Islam dan aturannya memang sebuah fitrah yang akan menyejahterakan umat, tidak bisa disamakan maupun dibandingkan dengan sistem demokrasi yang merupakan buatan manusia. Maka, saya sepakat dengan pendapat Ustadz, dimana sistem demokrasi merupakan sistem yang dipaksakan bagi umat Islam.
Oleh karena itu, dalam buku ini, Ustadz akan menjelaskan, dimana Ustadz menghadirkan data dan fakta, mengenai berdirinya daulah Islam pertama kali di Madinah hingga masa-masa keruntuhannya. Nice book! Terutama bagi kaum muslim yang berpikir.



0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.