0

[Review] Parenting Book : Ayah Edy Punya Cerita dan Ayah Edy Menjawab

Posted by Unknown on 08:26 in , , , ,
m.yes24.co.id
Saatnya mereview! Kali ini saya akan mereview buku berkenaan dengan parenting. Seperti postingan yang saya buat sebelumnya tentang pertanyaan “Apakah Kita SiapMenjadi Orang Tua” juga postingan saya jauh sebelum ini tentang “KameraPolaroid”, saya agaknya menyukai hal-hal terkait parenting karena memang saya menyukai anak kecil. Mungkin sudah naluriah kali ya...

But overall, bagi wanita yang mulai beranjak dewasa, buku parenting memang sangat dibutuhkan. Karena seperti yang saya katakana sebelumnya, pemenuhan gharizah nau pada dasarnya adalah pemenuhan demi lestarinya keturunan. Dan mendidik serta membesarkan anak bukanlah perkara main-main layaknya yang sering anak perempuan mainkan saat kecil. Main ibu-ibuan, main masak-masakan, atau main keluarga-keluargaan. Ha. Das ist zu komplieziert.


www.tamanbuku.com
Nah sayangnya, banyak orang tua yang menyepelekan bahkan menyatakan rasa pesimis terhadap program parenting. Bahwa menjadi orang tua adalah naluriah yang akan timbul saat masanya. Hal ini dibuktikan dengan orang tua-orang tua sebelumnya yang tidak pernah belajar parenting, namun mampu mendidik dan membesarkan anak hingga menjadi “orang”. Memang benar, tapi tidak sepenuhnya benar.

Pada saat saya lahir pada tahun 1992, dimana pada masa itu, zaman tidak sepenuhnya menggila layaknya hari ini, dimana interval pergeseran budaya sudah semakin tinggi. Saya ingat, di zaman saya lahir dan menjadi anak-anak, siaran televisi masih dipenuhi dengan program-program mendidik dan tontonan anak-anak. Saat itu saya benar-benar menonton tontonan khusus anak. Begitupun dengan permainan yang saya mainkan masih kental dengan tradisi.

Sedangkan kita tahu bahwa lingkungan memiliki pengaruh terbesar ketiga setelah orang tua dan guru dalam membentuk kepribadian anak. Oleh karena itu, dapat dipastikan orang tua dan calon orang tua kekinian memiliki tantangan yang ekstra besar dalam mendidik anak. Maka dari itu, belajar parenting sangat dibutuhkan agar kita mampu mendidik anak sesuai zamannya namun tidak terlepas dari aturan-aturan yang Allah bawa. Tidak ada salahnya dong belajar demi anak yang lebih baik :)

Seperti yang Ayah Edy tuliskan dalam bukunya, “Kita hidup pada zaman kita dan anak hidup pada zamannya maka didiklah anak-anak kita sesuai zamannya.”

Setau saya Ayah Edy telah memproduksi enam buku hingga kini, buku tersebut adalah Jadi Ayah Baru ternyata Asyik Juga Ya!, Ayah Edy Mengapa Anak Saya Suka Melawan dan Susah Diatur?, Ayah Edy Menjawab, Ayah Edy Punya Cerita, Membangun Indonesia yang Kuat dari Keluarga!, dan Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak.

Sayangnya saya baru mempunyai dua buku Ayah Edy sebagai buku parenting perdana yang saya punya. Harganya pun terjangkau, saya membeli seharga IDR 60K untuk dua buku sudah termasuk diskon. Tapi di luar harganya, InsyaAllah informasi parenting yang akan kita dapat berbanding sangat positif bahkan lebih buanyak manfaat yang kita terima.




0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.