0

[Percikan] Apakah Kita Siap Menjadi Orang Tua?

Posted by Unknown on 08:07 in , , , ,
fotosearch.com

Judul di atas sebenarnya merupakan salah satu judul bab sebuah buku parenting yang sedang saya coba dalami maknanya. Ayah Edy Punya Cerita, begitulah judulnya. Namun cerita yang terkandung dalam buku ini bukan cerita biasa. Ada inspirasi disetiap nafas tulisannya demi menjadi orang tua yang baik.

Pertanyaan siap dan tidak atau belum siap memang tergantung setiap individu walaupun sistem dan lingkungan juga sangat berpengaruh penting. Mari kita tengok ke belakang, di masa-masa dimana dua orang dengan karakter yang berbeda, mempunyai niatan baik untuk bersatu dalam ikatan pernikahan. Pada saat itu, apakah terbertik obrolan-obrolan untuk menjadi orang tua yang baik? Atau hanya sibuk memikirkan pemenuhan gharizah nau? Padahal, gharizah nau sejatinya berkaitan dengan naluri melestarikan keturunan yang distandartkan pada aturan Allah. Pada mabda Islam. Bukan semata cinta atau kasih sayang antara laki-laki dan perempuan.

Saya pernah berdiskusi terkait masalah pernikahan, dimana ada sebuah kata-kata yang sampai sekarang saya hapal di luar kepala. Beliau berkata, “pernikahan bukan hanya sebatas kita menerima luar-dalam pasangan kita. Bukan pula semata sebatas kita mampu hidup berkeluarga dari titik nol.“ Tapi di atas itu, sangat perlu untuk memikirkan kesiapan diri menjadi pendidik pertama generasi pembela Islam. Generasi yang akan membangun secara kokoh pondasi syariah dan khilafah. Generasi pembebas layaknya Muhammad Al-Fatih.

Terlebih, zaman kita semakin menggila akibat bercokolnya virus-virus kapitalisme dan hedonisme dalam setiap lini-lini kehidupan. Tak mudah mendidik anak di zaman ini, dimana anak merupakan sebuah kamera polaroid dan orang tua berperan sebanyak 70% dalam proses membidik hingga membentuk bagus tidaknya hasil cetak foto. Artinya, orang tua berperan penting dalam proses membentuk pola perilaku anak. Jika tidak, maka lingkunganlah yang akan menyerobot peran 70% tadi.

Maka mulai kini, detik ini, pikirkanlah pertanyaan ini matang-matang sebelum masuk ke jenjang pernikahan. Saat diri ini siap untuk pemenuhan gharizah nau. Apakah kita siap menjadi orang tua? Resapi pertanyaan ini masak-masak hingga lisan dan hati kita siap mengamalkan melalui perbuatan. Jika masih terbertik keraguan dalam kesiapan untuk menjadi orang tua, maka tentu kita harus mempersiapkan secara benar. Secara sempurna. Karena anak merupakan makhluk paling canggih yang pernah Allah ciptakan di muka bumi ini.

Dan jangan lupa baca buku parentingnya. Recommended pisan!



0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.