9

[Catatan Harian] 3 Secret Ingredients

Posted by Unknown on 16:42 in , , , , ,
SONG OF THE DAY
edCoustic - Sebiru Hari Ini [ download ]

gambar google

Akan jadi apa postinganku ini? Karena ini adalah catatan harian, tentu saja akan berhubungan dengan cerita dalam hidupku. Dan untuk postingan kali ini, aku akan menyinggung tentang masakan. Hmmmm.


Akhir-akhir ini di kostan aku sering sekali memasak, sebetulnya awalnya memang terpaksa karena sedikitnya penjual makanan saat libur semester seperti saat ini. Dan karena teman satu kostku pun banyak yang masak. Mau tak mau aku akhirnya ikut memasak walaupun hanya masakan sederhana dan sekedar bisa aku makan. Tumis ini, tumis itu. Goreng ini, goreng itu. Nyayur ini, nyayur itu.

Untuk rasa masakan, aku sendiri sama sekali tak menggunakan penyedap rasa dan vetsin. Memang, penyedap rasa dan vetsin layaknya magic yang mampu membuat masakan apapun menjadi lezat. Seriously, It’s really really magic! tapi, untuk hidup yang sehat, aku lebih memilih garam dan gula sebagai perasa dalam masakanku.

Walaupun pemula, aku juga mempunyai secret ingredient. Tak tanggung-tanggung aku punya 3. 3 secret ingredientku adalah asam jawa, gula merah, dan kemangi. Daging buah asam jawa merupakan obat pencahar yang cukup ringan. Kadungan asam tatrat di dalamnya mampu meningkatkan kinerja usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. Pemilihan gula merah dibanding gula putih adalah bijaksana karena gula merah memiliki kadar kemanisan yang lebih rendah dibanding gula putih. Dan daun kemangi kaya akan kandungan arginin sehingga dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula di dalam darah.

3 secret ingredient ini kupakai benar saat memasak tumisan. Salah satunya kupakai saat aku memasah sarden. Kenapa sarden? Ini ada hubungannya dengan keadaan kostan baruku yang tidak memiliki kulkas, sedang jika ingin membeli ikan dan ayam mentah tak bisa satuan. Oleh karena itu, sarden menjadi pilihan efektif untuk menu masakan berprotein hewani. Berhubung tak ada juga ayam kelengan.

Sarden memang sudah berbumbu, tapi jujur saja aku tak begitu suka masakan jika amisnya masih terasa menyengat. Makanya, sarden selalu kubumbui ulang ala Nisya. Mudah saja kok, tinggal siapkan,

Bahan  :
        1 kaleng sarden
        3 siung Bawang merah
        2 siung Bawang putih
        Cengek dan cabe merah seperlunya
        Terasi jika ingin
        Garam
        Minyak untuk menumis

3 secret Ingredient     :
        Gula merah seperlunya
        Asam jawa, rendam dalam air secukupnya
        Kemangi

Cara membuat :
1.      Haluskan bawang merah, bawang putih, terasi, cabe merah, dan cengek.
2.      Pisahkan ikan sarden dan bumbu kalengannya karena kita akan memasak bumbunya terlebih dahulu.
3.      Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
4.      Masukkan bumbu sarden, dan air asam jawa.
5.      Masukkan garam secukupnya dan gula merah secukupnya.
6.      Setelah tercampur sempurna, masukkan ikan sarden.
7.      Terakhir masukkan kemangi dan tunggu sebentar hingga kemangi layu.

Siap untuk dihidangkan :)

9 Comments


Rada serem gitu ngebayangin sarden pake gula merah. Hehe


@Frida Nurulia aih, serem kenapa teh? hehe. Lagian kadar manis di gula merah lebih rendah teh, makanya aku pilih gula merah. Biasanya aku pake setengan dari seperempat gula merah yang bulat pipih. mari teh dicoba :)
teteh ada resep praktis ngga? aku in mood masak nieh... hehe


Teteh ada resep desert enak:

4 saset white cofee, 800 ml air, 1 saset agar swallow, 2sdt gula pasir. campur lalu didihkan. setelah matang tuang ke cetakan. rasanya agak pahit, tapi pait kopi kan enak. kalau mau dimakan kasih susu kental manis dulu. Enak banget pahit manis segar. Kalau gak ada kulkas jg bisa kok.


Resep lain:
tempe 2 kotak yang ukuran 20 x 5 cm. Potong lidi, goreng kering, sisihkan
iris 2 bw putih, 5 bw merah, sebutir pipih gula merah, tumis bawang, setelah wangi masukin gula merah. setelah cair dan tercampur masukin tempe. aduk terus biar ga lengket. angkat sajikan. 5 porsi nih. rasanya manis gurih

kalau mau rasanya pedas manis bisa tambahin 3 cengek domba (iris kecil) di tumisannya.


Ohya teteh tuh agak gimana gitu kalau makan sarden manis. bayangannya enek. hehe. tapi gula merah yang ditambahin itu dikit ya...


Untuk resep di atas jangan lupa kasih garem ya. 1/2 sdm cukup.

Ohya, judul postingan yang tepat 3 secret ingredientS, you forgot added the S for prural hehe :)


@Frida Nurulia aku pernah buat teh dessert ini pas di ponpin. emang enak, cuma aku waktu itu kopinya cuma satu sachet. pantes ngga begitu kerasa. susu kental manisnya dijadiin kaya fla gitu ya teh... jadi kepengen buat lagi... hehe


@Frida Nurulia kebiasaan orang jawa teh, suka manis. tapi ini lagi dikurangi, makanya pake gula merah. agak takut juga, pas kemaren liat tetangga di amputasi jari kakinya dan cuma nyisaain satu jari kelingking gegara diabetes.


@Frida Nurulia oke teh diperbaiki. banyak banget ya' ngomong2 teteh commentnya... hehe

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.