1

[Islamologi] Dzikir dan Do’a Setelah Salam

Posted by Unknown on 07:33 in , , , , , ,
SONG OF THE DAY
New Sakha - Ingatlah Allah [ download ]

Apa yang kalian lakukan seusai sholat? Jangan langsung ngeloyor pergi ya... karena Rasul mencontohkan untuk membaca dzikir dan do’a setelah salam. Sebenarnya jika dikumpulkan banyak sekali dan berbagai macam dzikir dan do’a yang bisa dibaca seusai sholat. Hanya saja, aku akan mengutip tata caranya dari buku „Panduan Lengkap Shalat menurut Empat Madzhab“ karya Syaikh Abdul Qadir Ar-Rahbawi. Teruskan men-scroll mousenya... 



Pertama, mari ucapkan istighfar sebanyak 3 kali, lalu membaca “Allahumma antas salaam wa min kas salaam tabarakta ya dhal jalaali wal ikraam”. Hal ini sesuai dengan hadits dari Tsauban Radhiyallahu Anhu, ia berkata,
„Adalah Rasulullah jika telah selesai dari shalatnya, beliau beristighfar tiga kali, lalu membaca: “Allahumma antas salaam... (Ya Allah Engkau Maha Sejahtera. Dari-Mulah (datangnya) kesejahteraan, Mahamulia Engkau yang keagungan dan kemuliaan).“ HR. Al-Jamaah kecuali Al-Bukhari. Dan Muslim menambahkan: Walid berkata: Aku berkata kepada Auza’i: bagaimana cara beristighfar? Ia berkata: ucapkanlah, “Astaghfirullahal’Adzim, Astaghfirullahal’Adzim.“

Kedua, bacalah Ayat Kursi, dan Mu’awwidzat (doa-doa agar terhindar dari godaan setan; Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas). Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits dari Abu Umamah:
Bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai sholat. Tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga kecuali mati.“ HR. An-nasa’i dan Ath-Thabarani.
Dan dari Ali Radhiyallahu Anhu, ia berkata, “Bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Barangsiapa yang membaca ayat kursi setiap selesai sholat wajib maka dia senantiasa ada dalam perlindungan Allah sampai bertemu dengan waktu sholat yang lain.“ HR.  Ath-Thabarani dengan sanad hasan.
Dan dari Uqbah bin Amir, ia berkata, “Rasulullah memerintahkanku untuk membaca mu‘awwidzat.“ HR. Ahmad, Abu Dawud dan yang lainnya.

Ketiga, bertasbih, bertahmid, takbir sebanyak 33 kali dan lainnya seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini:
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu:
“Sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Barangsiapa yang membaca Subhanallah 33 kali setiap selesai sholat, Alhamdulillah 33 kali, dan Allahu Akbar 33 kali, maka jumlahnya menjadi 99 kali, lalu disempurnakan menjadi 100 dengan membaca: La Ilaha Illallah wahdahula syarika lahu... (Tidak ada Tuhan selain Allah, Tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nyalah semua kerajaan, dan seluruh pujian, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu), niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautanI.“ HR. Ahmad, Asy-Syaikhani, dan Abu Dawud,

Keempat, bacalah, “Allahumma La Mani’a...“ dan seterusnya setelah menggenapkan tasbih, tahmid, dan takbir dengan “La Ilaha Illallah wahdahula syarika lahu...“. Hal ini sesuai dengan hadits dari Mughirah bin Syu’bah Radhiyallahu Anhu:
“Sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam setiap kali selesai sholat wajib, beliau membaca: “La Ilaha Illallah wahdahula syarika lahu...“ (Tidak ada Tuhan selain Allah, Tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nyalah semua kerajaan, dan seluruh pujian, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu, Ya Allah tidak ada yang bisa menghalangi apa yang Engkau beri, dan tidak ada yang bisa memberi apa yang Engkau halangim dan kekayaan miliki si kaya tidaklah memberi manfaat di sisi-Mu).“ HR. Ahmad, Asy-Syaikhani.

Kelima, bacalah do’a: “Allahumma A’inni Ala Dzikrika wa Syukrika wa Husni Ibadatika.“ Dari Mu’adz bin Jabal Radhiyallahu Anhu:
“Bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam suatu hari memegang tangannya dan berkata: “Wahai Mu’adz, sungguh aku mencintaimu.“ Lalu Mu’adz berkata kepada Rasulullah: “Demi ayahku, engkau, dan ibuku wahai Rasulullah, aku juga mencintaimu.“ Rasulullah bersabda: “Aku berpesan kepadamu wahai Mu’adz; setiap sholat jangan engkau tinggalkan untuk membaca: Allahumma A’inni Ala Dzikrika... (Ya Allah tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu, dan bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu).“ HR. Ahmad, Abu Dawud, dan yang lainnya dengan sanad jayyid.

Keenam, tambahkan do’a  La Ilaha Illallah wahdahula syarika lahu...“ sebanyak 10 kali dan memohon perlindungan dari api neraka sebanyak tujuh kali setelah sholat maghrib dan sholat subuh.
Dari Abdurrahman bin Ghanam:
”Sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, ”Barangsiapa yang membaca sebelum berpaling (pulang) dan melipatkan kakinya dari shalat maghrib dan subuh: “La Ilaha Illallah wahdahula syarika lahu...“ (Tidak ada Tuhan selain Allah, Tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nyalah semua kerajaan, dan seluruh pujian, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu) sebanyak 10 kali, maka akan dicatat untuknya setiap satu kebaikan dengan sepulih kebaikan, dan dihapus dari dirinya 10 kali kesalahan, dan dirinya diangkat sebanyak 10 kali derajat (tingkatan), dan dia dijaga dari perbuatan yang dibenci, dan dijaga dari godaan setan yang terkutuk, dan diampuni segala dosa yang dia lakukan kecuali syirik, dan dia termasuk sebaik-baik manusia yang beramal kecuali seseorang yang telah dimuliakan (Nabi Muhammad), karena orang tersebut telah membaca sebaik-baik ucapan.” HR. Ahmad, dan diriwayatkan oleh At.Tirmidzi yang sama isinya namun tanpa menyebut, (Biyadihil khair; ditangan-Nyalah segala kebaikan).

Dari Muslim bin Al-Harits dari bapaknya, ia berkata:
“Rasulullah bersabda kepadaku, “Apabila kalian selesai sholat subuh maka ucapkanlah sebelum kalian berkata pada siapapun: “Allahumma ajirni minan nar (Ya Allah lindungilah aku dari api neraka) sebanyak tujuh kali, maka jika engkau mati pada siang harinya, niscaya Allah akan mencatat untukmu perlindungan dari api neraka. Dan ketika engkau selesai shalat Maghrib maka ucapkanlah sebelum kalian berkata kepada siapapun: “Allahumma Inni As’aluka Al-Jannah, Allahumma ajirni minan nar“ sebanyak tujuh kali, maka jika engkau mati pada malam harinya niscaya Allah akan mencatat untuk dirimu perlindungan dari api neraka.“ HR. Ahmad dan Abu Dawud

1 Comments


Hello bloggers Indonesia! Souvenir berupa gantungan kunci, kipas, gelas, atau hiasan tentu sudah sering dijumpai. Namun ada juga souvenir cantik dan unik yang bisa diberikan untuk para tamu undangan pada acara-acara besar agama Islam lainnya seperti pengajian, syukuran, dan tahlilan. Dalam rangka menyambut Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1436 H Refiza Souvenir menyelenggarakan blog competition bagi para bloggers. Tuliskan semua hal tentang souvenir Islami dan dapatkan hadiah menarik dari Refiza.. syarat dan ketentuan klik www.refiza.com/blogcompetition2015/

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.