0

[Percikan] Saudaraku, Kan Kusebut Namamu dalam Do‘a

Posted by Unknown on 00:15 in , , , ,
SONG OF THE DAY
Fika - Do'a Kalbu [ download ]

gambar google

Rasulullah saw bersabda, “Apabila seorang muslim mendo’akan kebaikan untuk saudaranya (sesama muslim) yang berjauhan, maka malaikat mendo’akan (orang yang berdo’a) pula: “Semoga engkau memperoleh kebaikan juga.“ (HR. Muslim dari Abu Darda‘ ra)

Pada suatu hari di negri antah berantah, hiduplah pemuda berusia 20 tahun yang sehari-hari bekerja serabutan. Pemuda tersebut selayaknya kurir. Ia bekerja dengan membawa dagangan yang dititipkan padanya untuk diantarkan sampai ke negeri tetangga. Sesekali, pemuda tersebut mengambil waktu sejenak demi mengumpulkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan panjangnya.

Suatu ketika saat pemuda tersebut tengah berisitirahat di bawah pohon rindang, ia bertemu dengan seorang kakek tua yang menghampirinya. Kakek tersebut menawarkan dagangannya berupa kain sutra kepada pemuda tersebut. Sebuah kain sutra tentu tak bermanfaat bagi pemuda sepertinya. Namun begitu, melihat Sang Kakek yang tua, timbul keinginan demi menolongnya. Sayangnya, ia pun tak memiliki uang. Maka pemuda itu pun meminta maaf tak dapat membeli dagangan kakek tersebut sembari mendo’akan kelarisan dagangannya.


Pemuda itupun melanjutkan perjalanan panjangnya. Di tengah perjalanan, pemuda kembali dipertemukan dengan sepasang suami istri yang sedang bersantai di teras rumahnya. Sang suami menghentikan jalannya dan hendak membeli barang yang akan diantarkan sang pemuda.

Bisa saja ia berbuat jahat dengan menjual barang yang ia bawa. Namun pemuda tersebut tetap jujur. Ia menolak baik-baik dan kembali mendo’akan agar sang suami mendapatkan barang yang lebih baik.

Tak terasa, perjalanan panjang tinggal ia lewati sedikit lagi. Sebentar lagi, ia akan tiba di tempat yang ia tuju. Rasa lelah akhirnya terbayar sudah. Setelah mengantar barang, Fulan mendapatkan upah yang telah dijanjikan. Tidak hanya itu, melihat fulan yang kelelahan, menimbulkan rasa iba pada diri saudagar tersebut. Lantas pemuda tersebut diberi tempat istirahat dan hidangan mewah untuk ia santap. Ia juga ditawarkan untuk bekerja di tempat saudagar tersebut. Pemuda itu pun sangat bersyukur dan kembali melantunkan do’a agar kebaikan sang Saudagar dibalas berlipat ganda oleh Yang Maha Kuasa.

Tahukah teman-teman?

Saat kita menyebutkan nama saudara kita dalam do’a, kelihatannya kita merugi karena belum tentu saudara kita pun melantunkan do’anya demi kita. Namun matematika dunia berbeda dengan hitung-hitungan Sang Pemilik Dunia ini.

Saat pemuda bertemu sang kakek dan mendo’akannya. Malaikat pun ikut mendo’akan pemuda tersebut. Begitu juga saat sang pemuda bertemu dan mendo’akan seorang suami dan saudagar kaya. Malaikat pun mengaamiini dan mendo’akan sang pemuda.

Sayyidah Fatimah ―putri kesayangan Rasulullah saw― pun telah mencontohkan untuk menyebutkan kaum muslim dalam setiap do’a. Kebiasaan tersebut membuat Hasan bin Ali tergelitik untuk bertanya, “Ya Ummi, aku mendengarkan do’amu, tetapi mengapa tak satu pun do’a yang kau panjatkan untuk dirimu sendiri?“
Fathimah menjawab dengan lembut, “Nak, do’akan dulu tetanggamu karena ketika para malaikat mendengarkanmu mendo’akan tetanggamu, niscaya mereka akan mendo’akanmu. Adakah yang lebih baik daripada do’a para malaikat yang dekat dengan Allah, Tuhan kita?“.

Bahkan Rasulullah yang dalam do’anya pasti selalu diijabah pun pernah meminta dido’akan oleh Umar bin Khattab ra. Diriwayatkan dalam hadits, suatu ketika Umar ra meminta izin kepada Rasulullah saw untuk pergi menjalankan umrah. Beliau mengizinkan seraya bersabda, “Wahai saudaraku, janganlah engkau lupakan kami dalam do’amu.“ Menanggapi permintaan Nabi saw tersebut, Umar berkomentar, “Itu adalah suatu ungkapan yang sangat menggembirakan saya. Dan ungkapan itu lebih berharga bagiku daripada dunia.“ (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Nah, dengan demikian yuuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Salah satunya adalah dengan mendo’akan saudara-saudara kita dalam setiap lantunan do’a. Saudaraku, kan kusebut namamu dalam do’a.

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Catatan Kecil Untuk Dunia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.